Tahap Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Menginjak usia 4 bulan, perkembangan bayi semakin pesat dan menakjubkan. Kini si kecil sudah semakin agresif sehingga membutuhkan perhatian ekstra dari Anda. Perkembangan bayi usia 4 bulan ditandai dengan kemampuan bayi untuk tengkurap. Saat tengkurap, si kecil berusaha untuk memandang dan menghaapkan mukanya ke depan.

Pada usia 4 bulan, si kecil memiliki banyak keterampilan. Dalam tahap perkembangan bayi 4 bulan, kini si kecil sudah memiliki pola hidup yang lebih teratur sehingga Anda bisa lebih tenang ketika beraktivitas. Jadwal tidur, makan dan bermain kini sudah tersusun rapi secara alami. Hal ini tentunya akan memberi efek posistif bagi Anda dalam beraktivitas dan beristirahat.

Pada perkembangan bayi usia 4 bulan, berat badannya sudah semakin bertambah meskipun ukuran tinggi badannya mtidak akan meninggi secara signifikan. Untuk menunjang pertumbuhannya tersebut, perhatikan asupan makanan yang bergizi untuk si kecil.

Menurut standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) berat standar bayi usia 4 bulan yaitu 7 kg dan tinggi badan sekitar 63,8 cm untuk anak laki-laki. Sedangkan untuk anak perempuan yaitu berat 6 kg dan tinggi 62 cm.  Adapun untuk perkembangannya yaitu sebagai berikut:

  • Perkembangan sensorik

Pada usia 4 bulan, si kecil mulai mengembangkan kemampuan kontak mata dengan benda-benda di sekitarnya. Kini si kecil sudah bisa melihat dengan jelas dari jarak dekat. Selain itu, si kecil sudah mulai mengembangkan kemampuan dalam koordinasi mata dan tangannya.

  • Perkembangan fisik

Si kecil sudah memiliki kemampuan untuk mendorong kakinya ke bawah ketika mendapati benda yang lebih keras. Kemampuan lainnya yaitu mampu memegang dengan stabil dan bisa tengkurap dengan lebih baik. Disamping itu, si kecil sudah memiliki kemampuan dalam mengangkat badan ketika sedang tengkurap.

  • Perkembangan komunikasi

Memasuki usia 4 bulan si kecil sudah memiliki kemampuan dalam mengoceh, berekspresi dengan suara yang di dengarnya dan memberikan isyarat dengan tangisan ketika lapar ataupun merasa tidak nyaman.

  • Perkembangan kognitif

Bisa menampilkan berbagai ekspresi terkait hal yang sedang dirasakannya. Kini si kecil sudah memiliki kemampuan untuk menggapai benda menggunakan satu tangan dan lebih peka terhadap kasih sayang ataupun perlakuan dari Anda sebagai orangtuanya.

  • Perkembangan sosial

Kemampuan dalam berkomunikasi kini ditunjukan oleh bayi 4 bulan. Si kecil sudah bisa menanggapi senyuman dari orang di sekitarnya. Mengikuti ekspresi orang yang mengajaknya berkomunikasi dan mulai menyenangi setiap permainannya.

Pada usia ini Anda sudah mulai bisa mengajarkan hal-hal dasar seperti belajar menyodorkan tangan untuk bersalaman ataupun mengambil benda di sekitarnya. Untuk bayi usia 4 bulan sebaiknya Anda memperhatikan faktor keamanan jika memutuskan untuk menyimpan si kecil di dalam box. Pergerakan si kecil yang semakin agresif dikhawatirkan akan membuatnya terjatuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517