Tahap Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Mengikuti setiap tahap perkembangan bayi merupakan hal yang menakjubkan. Tidak semua orang bisa merasakan momen berharga tersebut. Nah, kini usia si kecil sudah menginjak usia 3 bulan dengan babak baru kisah dalam kehidupannya. Perkembangan bayi umur 3 bulan tentunya berlangsungb dengan pesat. Kini si kecil sudah memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lebih baik.

Perkembangan bayi 3 bulan yang paling jelas terlihat yaitu memiliki waktu tidur yang lebih teratur sehingga Anda bisa beraktivitas lebih tenang. Selain itu, pada usia tersebut si kecil sudah bisa bersikap tenang dan cenderung tidak rewel.

Pada fase perkembangan bayi usia 3 bulan, Anda harus memberikan perhatian yang lebih serius. Hal ini terkait dengan kemampuan bayi yang mulai memasukan benda-benda ke dalam mulutnya. Dalam hal ini Anda harus menjauhkan benda-benda yang bisa membahayakan si kecil.

Pada tahap perkembangan bayi usia 3 bulan, Anda bisa mengajak si kecil untuk bereksplorasi dengan dunia luar. Cobalah untuk mengajak si kecil berjalan-jalan di luar rumah. Disamping itu, untuk menstimulus perkembangan otaknya, perdengarkan si kecil dengan alunan musik dengan nada yang lembut.

Untuk mengoptimalkan kemampuan si kecil dalam berkomunikasi, mulailah memberikan stimulus dengan mengajaknya berbicara. Anda bisa mengajarkan beberapa kosa kata untuk si kecil. Lalukan secara perlahan untuk meningkatkan kemampuannya dalam hal mengenal setiap kosa kata baru.

Secara umum bayi dibawah usia 6 bulan akan mengalami penambahan tinggi badan sekitar 1 – 2,5 cm dan berat badan sekitar 150 – 200 gram setiap minggunya. Nah, jika mengacu pada hal tersebut maka bayi usia 3 bulan memiliki panjang sekitar 57 – 59 cm dengan berat sekitar 5 – 6 kg.

Perkembangan lain pada bayi usia 3 bulan yaitu kemampuan dalam mendongak dan menahan kepala pada waktu tidur. Secara umum bayi usia 3 bulan memiliki kemampuan dalam mengangkan dan menahan kepala dalam beberapa menit.

Dari segi motorik, bayi usia 3 bulan sudah memiliki kemampuan motorik yang luar biasa. Kini si kecil sudah memiliki kemampuan dalam menyadari jari-jari tangannya. Disamping itu, ketika tidur si kecil akan menggerak-gerakan jari mungilnya dan sesekali mengemut.

Dari sisi lain, kini si kecil sudah mampu untuk menggulingkan badannya. Dari posisi terlentang kini si kecil berusaha untuk tengkurap. Namun dalam hal ini Anda harus memberikan pengawasan supaya tidak membahayakan si kecil.

Pada usia 3 bulan, kemampuan indera penglihatan si kecil sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kini si kecil sudah memiliki kemampuan untuk melihat objek dari jarak 15 inci. Selain itu, indera pendengaran si kecil sudah semakin responsif dalam mendengar suara-suara dari sekitarnya.

Related Posts

Share This