Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Memiliki bayi merupakan hal yang paling didambakan oleh setiap pasangan suami istri. Kehadiran si kecil dalam pernikahan menjadi kebahagiaan tersendiri. Nah, setelah hadirnya si kecil tentu Anda harus mengetahui setiap tahap perkembangannya guna membantu mengoptimlakan proses tersebut. Mengikuti setiap tahap perkembangan bayi merupakan kebahagiaan yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang. Lalu bagaimana tahap perkembangan bayi usia 2 bulan?

Perkembangan bayi 2 bulan yang paling mencolok tentunya terlihat dari bobot tubuhnya yang bertambah dengan pesat. Pada tahap ini mungkin Anda tidak akan sepenuhnya menyadari dengan perubahan tersebut. Adapun beberapa perkembangan yang terjadi pada bayi usia 2 bulan yaitu sebagai berikut:

  1. Indera penglihatan mulai berkembang

Memasuki usia 2 bulan, indera penglihatan si kecil secara perlahan mulai berfungsi dengan baik. Kini si kecil mulai bisa melacak gerakan wajah dan tangan Anda. Hal ini bisa Anda lihat dari gerakan mata dan wajah si kecil yang mengikuti gerakan Anda. Untuk melatih kemampuan tersebut, cobalah menggunakan mainan gantung yang diletakan sekitar 20 cm dari wajah bayi.

  1. Mengenali suara

Perkembangan bayi usia 2 bulan yang selanjutnya yaitu dari segi indera pendengaran. Kini si kecil sudah memiliki kemampuan dalam membedakan dan mengenali suara. Si kecil cenderung akan lebih responsif terhadap suara orang yang paling dekat dengannya yaitu Anda sebagai orangtuanya. Selain itu, si kecil sudah bisa membedakan suara orang asing.

  1. Perkembangan motorik

Kemampuan motorik bayi 2 bulan sudah semakin meningkat. Salah satu contohnya yaitu ketika Anda meletakan jari telunjuk maka si kecil akan berusaha untuk menggenggamnya erat-erat. Nah, pada usia ini Anda sudah bisa memberikan mainan yang bisa digenggam guna melatih kemampuannya tersebut.

  1. Kemampuan mengontrol

Pada usia 2 bulan, kemampuan si kecil dalam mengontrol setiap gerakan tubuhnya sudah semakin seimbang. Hal ini terlihat ketika si kecil tengkurap akan berusaha mengangkat kepalanya dan sudah memiliki kamampuan dalam menegakkan leher. Pada usia ini otot leher si kecil sudah semakin kuat.

Jika dilihat dari segi kemapuan sosialnya, maka si kecil akan menunjukan beberapa reaksi ketika merasa tidak nyaman. Cara berkomunikasi pada usia 2 bulan masih disampaikan dalam bentuk tangisan mengingat si kecil belum memiliki kemampuan untuk berbahasa.

Tangisan rewel si kecil merupakan hal yang wajar dan merupakan bentuk komunikasi. Anda tidak perlu khawatir dengan konsisi tersebut. Yang perlu Anda lakukan yaitu bersikap responsif dan lebih peka dalam menanggapi hal tersebut.

Pentingnya peran orangtua dalam memberikan stimulus untuk mengoptimalkan perkembangan bayi usia 2 bulan. Disamping itu, Anda juga harus memberikan pengawasan terhadap perkembangan bayi usia 2 bulan.

Related Posts

Share This