Tahap Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Ketika si kecil sudah memasuki usia 1 bulan, mungkin Anda akan menemukan beberapa perubahan terkait dengan perkembangannya. Bayi usia 1 bulan umumnya akan mulai mengembangkan jadwal makan dan tidur. Disamping itu, si kecil mulai belajar berkomunikasi dengan bahasanya sendiri. Yang paling umum dari cara komunikasi bayi usia 1 bulan yaitu menangis.

Selain tangisan, perkembangan bayi usia 1 bulan yaitu memiliki jadwal tidur yang lebih lama. Si kecil cenderung tidak akan terganggu dengan kebisingan ataupun keadaan ramai di sekitarnya. Tidur merupakan proses alamiah yang akan dilalui oleh bayi sebagai upaya untuk berkembang lebih pesat pada tahap awal perkembangannya.

Beberapa hal yang akan Anda temui dari segi fisik tentang perkembangan bayi usia 1 bulan yaitu sebagai berikut:

  • Perubahan bentuk kepala

Nah, salah satu hal yang akan Anda temui tentang perkembangan si kecil pada tahap awal yaitu perubahan pada bentuk kepala. Secara umum, bayi yang baru dilahirkan akan memiliki bentuk kepala memanjang. Pada usia 1 bulan akan terjadi perubahan, bentuk kepala si kecil perlahan akan menjadi simetris hingga berbentuk bulat. Perubahan tersebut terjadi seiring dengan berjalannya waktu.

  • Perlahan mengangkat kepala

Ketika memasuki usia 1 bulan, si kecil secara perlahan akan memiliki kemampuan untuk mengangkat kepala. Hal ini akan jelas terlihat ketika Anda memposisikan tubuh si kecil dalam keadaan tengkurap. Namun dalam hal ini Anda harus berhati-hati karena otot leher si kecil belum terlalu kuat.

  • Perubahan warna kulit

Waktu pertama kali dilahirkan, bayi akan memiliki warna kulit yang berbeda. Biasanya warna kulit si kecil cenderung berbintik merah dan bahkan mengelupas. Nah, seiring bertambahnya usia si kecil maka akan terjadi perubahan warna kulit menjadi lebih halus dan merata.

  • Bergerak lebih aktif

Pada usia 1 bulan, si kecil mulai melakukan banyak lgerakan meskipun lbelum bisa mengontrol secara pebuh gerakan tersebut. Secara alami, tubuhnya akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan posisinya ketika masih berada di dalam kandungan.

  • Lanugo mulai meluruh

Setiap bayi terlahir memiliki lanugo atau selaput yang menyelubungi  bagian kepala dan badan. Menginjak usia 1 bulan, lanugo tersebut akan perlahan meluruh dan mengelupas.

Adapun perkembangan bayi usia 1 tahun dari segi sosial yaitu sebagai berikut:

  • Ekspresi wajah

Pada usia 1 bulan, si kecil sudah memiliki kemampuan untuk tersenyum. Namun pada tahap ini si kecil akan mengalami perkembangan lain seperti ekspresi wajah pada waktu lapar, bosan ataupun kelelahan. Hal ini tentunya membuat Anda harus lebih peka untuk memberikan tanggapan.

  • Mencoba berkomunikasi

Meskipun belum memiliki kemampuan untuk berbicara, namun pada usia 1 bulan si kecil sudah berusaha untuk melakukan hal tersebut. Untuk mengoptimalkan perkembangan tersebut, cobalah untuk membantu si kecil mengembangkannya dengan cara berbicara di dekat wajahnya.

Nah, itulah perkambangan bayi usia 1 bulan yang perlu Anda ketahui. Untuk menunjang tumbuh kembangnya, berikan asupan makanan bergizi dan stimulasi positif.

Related Posts

Share This