Tahap Akhir Kehamilan

Trimester Ketiga: Dua Bulan Menjelang Kelahiran

Trimester ketiga merupakan waktu yang sudah sangat dekat dengan proses persalinan. Anda tinggal menunggu dua bulan lagi untuk segera menggendong sang bayi.  Pada tahapan ini bisa menjadi saat yang sangat dinantikan dan bisa juga jadi saat yang menegangkan dan mendebarkan bagi sebagian ibu hamil yang baru pertama mempunyai anak dan baru pertama kali menghadapi persalinan.

trimester ketiga kehamilan

  • Perkembangan janin memasuki usia 8 bulan

Perkembangan serta fungsi otak sudah sangat baik. Pertumbuhan telinga luar, jari tangan, jari kaki, mata dan usus halus sudah terbentuk. Terbentuknya hidung dan wajah menandai pembentukan wajah pada bayi berusia delapan bulan. Pertumbuhan usus halus pada janin usia delapan bulan melebihi rongga perutnya sehingga apabila kita amati dengan menggunakan tes USG maka akan kelihatan ada tonjolan yang menuju ke pusat calon bayi. Pada usia ini aktivitas bayi sudah bisa menyesuaikan dengan aktivitas ibunya. Baca: 7 Tips Penting Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

  • Perkembangan janin memasuki usia 9 bulan

Satu bulan menjelang kelahiran, anggota tubuh bayi sudah lengkap terbentuk meskipun fungsinya belum sepenuhnya sempurna. Jari tangan, jari kaki, telapak tangan serta telapak kaki sudah bisa terlihat jelas. Begitupun dengan detak jantungnya sudah menandakan tanda-tanda serta aktivitas kehidupan.

Pada usia ini memerlukan perhatian yang sangat ekstra, baik dalam menjaga kondisi bayi ataupun kondisi dari ibu hamil. Istirahat yang cukup serta asupan gizi harus benar-benar di perhatikan supaya ketika saatnya tiba waktu persalinan, kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat.

Hal yang Perlu di Perhatikan dan di Lakukan di Trimester ketiga

 Perhatikan Konsumsi makanan dan penuhi asupan nutrisi, kebutuhan ibu hamil akan nutrisi dan zat gizi akan meningkat seiring dengan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, tahu, tempe, daging, ikan dan telur. Makanan yang mengandung zat besi ini sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Asupan vitamin, kalsium dan asam folat juga sangat diperlukan oleh ibu hamil. Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi karena ini akan menyebabkan kejang di kaki.

 Perhatikan posisi tidur, sebaiknya ibu hamil mengambil posisi yang tidak membahayakan pada saat tidur yaitu dengan posisi menyamping ke kiri dengan tujuan supaya aliran darah lancer

Perbanyaklah istirahat, ketika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, alangkah baiknya ibu hamil tidak banyak beraktivitas dan lebih banyak istirahat. Hal ini bertujuan supaya lebih banyak energy yang tersimpan menjelang persalinan.

Lakukan olahraga, untuk meningkatkan kebugaran pada saat kehamilan, ibu hamil bisa melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil. Jenis olahraga untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan olahraga untuk orang yang tidak hamil. Akan banyak manfaat yang bisa dirasakan dari olahraga diantaranya yaitu bisa menghilangkan rasa pegal ataupun rasa sakit pada daerah pinggang akibat kehamilan yang makin membesar.

Jangan mengangkat beban berat, tidak hanya pada trimester ketiga, dari awal sampai akhir proses kehamilan memang tidak diperbolehkan untuk wanita hamil mengangkat beban berat karena hal ini akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan pada kehamilan. Mengangkat beban berat dapat memberikan tekanan yang berbahaya pada plasenta sehingga bisa menyebabkan bayi lahir tidak normal atau prematur.

 Ibu hamil yang sudah menginjak usia kehamilan pada trimester ketiga hendaknya mempersiapkan segala sesuatu hal untuk persalinan supaya jika waktunya sudah tiba akan merasa nyaman untuk melakukan persalinan. Selain persiapan materi, rencana tempat persalinan ataupun persiapan nama bayi, ada baiknya juga ibu hamil mempersiapkan mental untuk menghadapi persalinan. Kunci utamanya jangan stress, lalui semuanya dengan rileks supaya berjalan dengan lancar.

Related Posts

Share This