Tabir Mimpi: Hal-hal Yang Mempengaruhi Mimpi Saat Tidur

Banyak orang yang mengartikan dan menghubungkan mimpi dengan kejadian nyata yang akan terjadi. Mimpi dijadikan sebagai pertanda dan bahkan petunjuk. Namun ada juga yang menyikapinya biasa saja dan hanya menganggap bahwa mimpi hanyalah bunga tidur. Bahkan pada saat ini ada pakar khusus yang memiliki keahlian dalam mengungkap tabir mimpi.

Mimpi yang hadir di setiap tidur kita sebenarnya bukanlah suatu hal yang harus benar-benar dipercayai dan ditakuti. Jika mimpi ada yang menjadi kenyataan, bisa saja hal tersebut hanyalah sebuah kebetulan dan kondisinya cocok dengan kejadian mimpi kita. Dalam hal ini kita tidak perlu sepenuhnya mempercayai mimpi.

Ada Beberapa Hal Yang Menjadi Pemicu Mimpi Pada Saat Tidur

Vitamin dan Obat-obatan

Jenis vitamin dan obat-obatan yang Anda konsumsi bisa menjadi salah satu sebab yang mempengaruhi mimpi. Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan maka akan mempengaruhi tahap REM tidur sehingga membuat sedikit kurang normal. Ada jenis vitamin yang akan membantu Anda mengingat mimpi yaitu vitamin B6.

Posisi Tidur

Posisi tidur dipercaya bisa mempengaruhi mimpi Anda saat tidur. Bahkan menurut sebuah riset yang dilakukan di hongkong menemukan bahwa posisi tidur sambil tengkurap akan menghasilkan mimpi tentang hal-hal yang berhubungan dengan masalah seksual. Hal ini tentunya bisa dijelaskan secara masuk akal sebab posisi tidur tengkurang memungkinkan area genital bersentuhan dengan tempat tidur sehingga Anda kemungkinan mimpi tentang seksual.

Bahkan pada beberapa kasus, tidur dengan posisi tengkurap bisa membuat Anda mengalami mimpi di disiksa. Mengapa demikian? Hal ini mungkin karena posisi tidur tengkurap membuat perut tertekan sehingga seolah-olah sedang dalam penyiksaan.

Berhenti Dari Suatu Kebiasaan

Bagi Anda yang sedang menjalani sebuah terapi untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti berusaha berhenti merokok atau minum alkohol, maka akan mengalami mimpi terkait hal tersebut. Orang yang sedang berusaha menghentikan kebiasaan buruk tersebut cenderung akan mengalami mimpi sesuai dengan apa yang sedang dilakukan.

Suara

Adanya suara tertentu ketika Anda tidur seperti suara alam akan mempengaruhi mimpi Anda. Ambil contoh mudahnya yaitu ketika Anda mendengarkan lagu yang menenangkan sebelum tidur maka hal ini akan membuat tidur Anda lebih nyenyak dan mimpi indah.

Bau

Seperti halnya suara, bau juga ikut mempengaruhi mimpi. Ketika bau yang diterima menyenangkan seperti bau wewangiandan pasfum cenderung akan membuat Anda mengalami mimpi indah dan tentunya menyenangkan. Namun jika bau tersebut tidak enak seperti bau apek atau bau busuk di ruangan kamar Anda maka bukan tidak mungkin akan membuat Anda mengalami mimpi yang tidak menyenangkan. Hal ini berkaitan erat dengan sistem saraf yang mengontrol emosi aktif ketika Anda tertidur.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa mempengaruhi mimpi ketika Anda tidur. Baik atu buruk, mimpi hanyalah mimpi dan sebaiknya tidak dikaitkan dengan kehidupan nyata karena bisa menjadi sugesti yang mengganggu pikiran dan mental Anda sendiri.

Related Posts

Share This