Sumber Nutrisi Ibu Hamil Muda

Makanan bergizi dan kehamilan adalah dua unsur yang saling berkaitan. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil. Nah, hal tersebut tentunya akan memberikan dampak positif maupun negatif bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Pemilihan nutrisi ibu hamil mudah sebaiknya lebih selektif sehingga akan memberikan dampak positif bagi janin.

Setiap makanan yang dikonsumsi ibu hamil hendaknya mengandung gizi seimbang dengan kualitas dan kuantitas yang bagus. Terkadang banyak orang yang salah mengartikan tentang makanan untuk ibu hamil. Bukan berarti ibu hamil harus makan banyak, sebab yang terpenting adalah makanan tersebut harus mengandung gizi seimbang. Banyaknya makanan yang dikonsumsi tidak menjamin jika tidak memperhatikan kandungan gizinya.

Kebutuhan kalori untuk ibu hamil muda yaitu sekitar 2000 kalori per hari. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 10% kalori dari protein, 55% dari karbohidrat dan 35% dari lemak. Selain itu, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus senantiasa mengandung kalsium, vitamin A, zat besi, vitamin B, folat dan beberapa sumber mineral penting lainnya.

Adapun Jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Sebagai Berikut

  • Bayam

Ibu hamil muda sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat. Nutrisi tersebut dibutuhkan pada awal tahap tumbuh kembang janin. Kekurangan asam folat bisa beresiko mengakibatkan cacat tabung saraf pada bagian otak atau sumsum tulang belakang. Jenis sayuran yang bisa dikonsumsi pada usia hamil muda yaitu bayam karena mengandung berbagai jenis vitamin, mangan, serat dan juga zat besi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk salah satu sumber serat dan protein. Jenis makanan yang satu ini sangat efektif untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil muda dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit. Disamping itu kandungan folat dan zat besi pada kacang-kacangan berguna dalam membantu pembentukan hemoglobin dan mencegah cacat lahir pada janin.

  • Buah pisang

Pisang tergolong salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin B6, potassium, serat, folat, vitamin C dan nutrisi penting lainnya. Manfaat sederhana buah pisang di awal kehamilan yaitu untuk mengatasi morning sickness dan memberikan energi bagi ibu hamil.

  • Ikan

Asam lemak omega-3 dan protein sangat penting dalam menunjang perkembangan janin. Nah, jenis nutrisi tersebut bisa diperoleh dari jenis makanan seperti ikan salmon dan tuna. Namun dalam mengolah ikan sebaiknya Anda lebih teliti karena jika tidak matang sangat beresiko membehayakan janin.

  • Susu

Kandungan nutrisi didalam susu secara umum sangat berguna untuk menunjang pembentukan organ janin didalam kandungan. Dalam memilih jenis susu harus hati-hati dan hindari produk susus tanpa pateurisasi sebab beresiko mengakibatkna infeksi bakteri. Pilihlah jenis susu kedelai karena memiliki kecukupan vitamin D cukup tinggi untuk memberikan tambahan nutrisi ibu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517