Sumber Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting sebagai sistem rangka dan untuk melindungi organ tubuh yang lain dari benturan atau cedera . Memiliki tulang yang sehat dan kuat merupakan keinginan setiap orang. Akan tetapi terkadang tidak semua orang mempunyai tulang yang kuat, ada sebagian orang yang mengalami kerusakan pada tulang seperti osteoporosis. Untuk membangun tulang kuat diperlukan asupan sumber makanan yang mengandung nutrisi seperti kalsium dan vitamin D. Kalsium sangat berguna untuk membentuk serta menjaga struktur tulang dan gigi. Sedangkan vitamin D berguna untuk membantu dalam penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang.

Sumber Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa Jenis Makanan Untuk Membangun Tulang Sehat dan Kuat

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin D. Kandungan vitamin  D telur terdapat pada bagian kuning telur yang berguna untuk memperkuat tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam putih telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Susu adalah salah satu sumber kalsium yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang anda. Selain itu, produk olahan susu juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin D.

Yoghurt. Vitamin D yang dibutuhkan untuk tulang bisa anda peroleh dari yoghurt. Maka dari itu untuk mendapatkan tulang yang sehat, sebaiknya konsumsi yoghurt secara rutin setiap hari.

 Keju adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak kalsium. Selain itu, keju  juga mengandung vitamin D. Nutrisi tersebut akan mendukung pertumbuhan tulangdan mencegah terjadinya osteoporosis.

Bayam mengandung vitamin A, zat besi serta kalsium yang berguna untuk memelihara dan menjaga kesehatan tulang. Bayam bisa menjadi alternative bagi anda yang tidak menyukai susu.

Brokoli. Kandungan vitamin D dan vitamin K dalam brokoli berguna untuk mencegah osteoporosis dan senantiasa menjaga kesehatan tulang.

Ikan. Jenis ikan laut merupakan salah satu makanan yang bagus untuk tulang karena mengandung vitamin D. Ikan yang banyak mengandung vitamin D yaitu sarden, salmon dan tuna. Ikan juga mengandung omega-3 yang berguna untuk perkembangan otak anak.

Sawi hijau. Kandungan kalsium yang terdapat pada sawi hijau berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya. Mengkonsumsi sawi hijau akan mendukung kesehatan tulang sehingga akan terhindar dari resiko osteoporosis.

Kacang-kacangan. Kedelai adalah salah satu jenis kacang yang mengandung kalsium sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kacang almond mengandung banyak kalsium, magnesium dan vitamin D yang berguna untuk menguatkan tulang.

Buah pisang mengandung kalium dan potassium yang sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan tulang yang sehat.

Kentang memiliki kandungan mineral dan kalium yang membantu dalam penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Biji-bijian seperti beras merah, gandum, sorgum dan jagung mengandung magnesium yang sangat berlimpah sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

Related Posts

Share This