Sumber Makanan Untuk Menambah Bobot Tubuh Bayi

Semua orangtua pastinya mendambakan seorang bayi yang tumbuh sehat dan memiliki berat badan ideal. Bobot tubuh yang montok biasanya sebagai indikator bayi dalam keadaan sehat dan perkembangannya berlangsung normal. Ketika mendapati bobot tubuh bayi yang kurus biasanya orangtua akan berusaha sebisa mungkin untuk menaikan kembali bobot tubuh tersebut. Kondisi bayi yang memiliki berat badan dibawah normal sangat mengkhawatirkan dan rentan terkena serangan penyakit.

Untuk menaikan dan menjaga berat badan ideal pada bayi sebenarnya bukan perkara yang sulit. Ada berbagai cara sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu salah satunya dengan memilih sumber makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh bayi akan berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikisnya. Maka dari itu penting sekali bagi Anda agar lebih selektif dalam memilih sumber makanan untuk bayi.

 Sumber makanan untuk menambah bobot tubuh bayi

  1. Menyusui secara ekslusif dengan ASI yang berkualitas

Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan bobot tubuh bayi yaitu dengan memberikan ASI yang berkualitas. Dalam hal ini ASI yang berkualitas bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi atau nutrisi lengkap. Selain itu hindari berbagai hal yang bisa memicu stress karena bisa menghambat produksi ASI. Hindari juga makanan yang bisa mempengaruhi ASI seperti makanan atau minuman berkafein.

  1. Yoghurt

Produk olahan susu yang satu ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang berguna untuk menambah bobot tubuh bayi. Pilihlah yoghurt yang aman atau yoghurt khusus bayi dengan kandungan lemak dan kalori yang lebih banyak. Yoghurt khusus bayi biasanya memiliki kandungan gula dalam jumlah sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk olahan susu yang lain seperti keju. Kandungan lemak pada keju sangat ideal untuk menambah bobot tubuh bayi.

  1. Biji-bijian

Produk olahan yang berasal dari biji-bijian seperti sereal atau roti gandum merupakan salah satu jenis makanan sehat yang bisa diberikan untuk bayi. Untuk menambah bobot tubuh bayi, Anda bisa mencampurkan bahan makanan bayi dengan gandum ataupun kacang-kacangan. Salah satu contohnya yaitu sereal yang dicampurkan dengan susu untuk menambah kalori. Selain itu, Anda juga bisa membuat kue dari tepung gandum sebagai cemilan sehat untuk si kecil dalam rangka menambah bobot tubuhnya.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi pilihan Anda untuk menaikkan bobot tubuh si kecil. Salah satu jenis buah yang ampuh untuk menambah bobot tubuh si kecil yaitu buah alpukat. Buah yang satu ini memiliki kandungan lemak tak jenuh dengan kadar yang tinggi dan juga kalori yang seimbang. Selain itu, Anda juga bisa memberikan buah pisang karena kandungan kalorinya baik untuk menambah bobot tubuh bayi.

Related Posts

Share This