Sumber Makanan Untuk Diet Golongan Darah AB

Memilih jenis makanan untuk diet golongan darah AB tidaklah sulit. Dalam hal ini menu makanan yang dipilih merupakan perpaduan dari menu golongan darah A dan B. Namun dalam hal pengaplikasiannya, diet golongan darah AB lebih bersifat vegetarian. Secara umum jenis makanan yang dikonsumsi tinggal menyesuaikan terhadap kecenderungan karakteristik tubuh untuk menjalani diet tersebut.

Akan tetapi tetap saja bagi Anda yang memiliki golongan darah AB sebaiknya bersifat vegetarian sama halnya dengan golongan darah A. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini ada penjelasan mengenai jenis makanan untuk diet golongan darah AB.

Beberapa Sumber Makanan Untuk Diet Golongan Darah AB

  1. Sayuran

Jenis sayuran yang sebaiknya banyak dikonsumsi yaitu bayam, brokoli, seledri, mentimun, kol dan beberapa yang lainnya. Sayuran tersebut sebaiknya dikonsumsi lebih banyak daripada jenis makanan yang lainnya. Sebab sayuran lebih dianjurkan dan harus diutamakan bagi orang dengan golongan darah AB.

  1. Daging

Untuk diet golongan darah AB sebaiknya memilih daging yang bebas dari lemak. Contoh daging tersebut yaitu kalkun, kelinci, domba dan hindari daging angsa, itik, kerbau, sapi dan ayam.

  1. Ikan dan Seafood

Dari jenis ikan yang dianjurkan yaitu kakap, salem, sarden, makarel dan tuna. Adapun untuk jenis yang sebaiknya dihindari yaitu belut, kepiting. Udang dan gurita.

  1. Buah

Dalam melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral, Anda juga harus mengkonsumsi buah-buahan. Jenis buah yang dianjurkan yaitu semangka, nanas, anggur dan buah berry. Sedangkan untuk jenis buah yang sebaiknya dihindari yaitu delima, mangga, jambu biji dan belimbing.

  1. Susu dan Telur

Dalam mengkonsumsi telur sebaiknya hanya bagian putihnya saja. Untuk produk susu sebaiknya pilih yoghurt. Untuk jenis makanan yang harus dihindari yaitu dari kelompok keju, eskrim dan mentega karena kandungan lemaknya berpotensi menambah timbunan di dalam perut.

Tips Menjalani Diet Golongan Darah AB

Dalam menjalani diet golongan darah AB sebaiknya Anda menghindari jenis makanan yang mengandung lemak tinggi dan kolesterol seperti makanan bersantan dan aneka gorengan. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam mensukseskan diet golongan darah AB!

  • Istirahat cukup.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Mengatur pola makan dengan makanan sehat dan bergizi.
  • Perhatikan jadwal makan.
  • Hindari kebiasaan begadang, merokok dan ngemil.
  • Menjaga kebugaran tubuh.

Pada dasarnya setiap program diet harus mengutamakan pola makan teratur dan menghindari kebiasaan tidak sehat. Nah, dalam menjalani diet golongan darah ini sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan pakar kesehatan dan gizi sehingga program yang Anda jalani tidak akan menyalahi aturan. Jangan melakukan program diet golongan darah semabarangan karena bisa berdampak buruk terhadap kodisi fisik.

Related Posts

Share This