Sumber Makanan Sehat Yang Baik Untuk Dikonsumsi Pasca Keguguran

Keguguran merupakan suatu kejadian yang sangat menyakitkan dan meninggalkan trauma yang sangat mendalam bagi wanita. Bahkan banyak wanita yang tidak berani untuk kembali hamil setelah mengalami keguguran. Pada dasarnya keguguran bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan psikis seorang wanita.

Pemulihan pasca keguguran membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terutama untuk memulihkan kondisi psikis. Diperlukan penanganan khusus oleh tenaga ahli untuk menghilangkan trauma akibatk keguguran. Disamping itu, untuk memulihkan kondisi fisik pasca keguguran, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan sehat dan begizi. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita yang mengalami keguguran akan kehilangan banyak darah sehingga diperlukan sumber makanan yang bisa memulihkan kondisi tersebut.

Berikut Sumber Makanan Yang Baik Setelah Keguguran

  1. Sumber makanan yang mengandung kalsium

Pada waktu terjadi keguguran dan pendarahan maka kalsium di dalam tubuh banyak yang terbuang. Oleh karena itu, bagi wanita yang mengalami keguguran disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sumber makanan yang mengandung kalsium diantaranya yaitu keju, yoghurt, susu, sayuran, ikan dan kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium secara teratur maka akan membantu memulihkan kondisi fisik pasca keguguran.

  1. Makanan sumber protein

Keguguran menyebabkan luka dan pendarahan pada dinding rahim. Untuk memulihkan kondisi rahim pasca keguguran, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Seperti yang kita ketahui bahwa protein berperan penting dalam membantu menyembuhkan luka. Sumber makanan yang mengandung protein dalam jumlah tinggi yaitu ikan air tawar, telur dan ayam.

  1. Makanan yang mengandung zat besi

Makanan yang baik setelah keguguran yang selanjutnya yaitu sumber makanan yang mengandung zat besi. Pada waktu terjadi keguguran tentunya ibu hamil kehilangan lbanyak darah sehingga diperlukan sumber zat besi untuk memulihkan kondisi tersebut. Kehilangan banyak darah akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemah dan lesu. Salah satu makanan yang emnagdnung zat besi kyaitu hati dan daging merah. Selain itu, zat besi bisa diperoleh dari sumber makanan lain yaitu sayuran hijau seperti bayam.

  1. Makanan untuk memulihkan energi

Keguguran akan menyebabkan ibu hamil kelelahan sehingga dibutuhkan penanganan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan asupan makanan setelah keguguran. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bisa memulihkan energi pasca keguguran seperti makanan yang emngandung protein dan magnesium. Makanan yang dianjurkan yaitu telur, biji labu, coklat, sayuran dan jenis makanan bergizi lainnya.

  1. Makanan anti pendarahan

Sumber makanan yang dianjurkan untuk mengurangi pendarahan pasca keguguran yaitu buah naga dan jambu biji. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat meningkatkan trombosit untuk menghentikan pendarahan dan membentuk keping-keping darah yang baru.

  1. Mencukupi asupan cairan

Keguguran menyebabkan banyak cairan tubuh yang terbuang sehingga rentan mengakibatkan ibu hamil mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan pasca keguguran dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Related Posts

Share This