Sumber Makanan Sehat Untuk Nutrisi Ibu Menyusui

Menyusui merupakan salah satu aktivitas wajib bagi seorang ibu setelah proses persalinan. Menyusui adalah cara untuk memberikan asupan nutrisi untuk bayi. Idealnya proses menyusui harus dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan. Untuk menunjang proses tersebut diperlukan asupan makanan bergizi khusus untuk ibu menyusui.

Pada dasarnya makanan ibu menyusui itu tidak ada karena yang terpenting dalam hal ini adalah pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa makanan bergizi sangat diperlukan oleh ibu menyusui untuk menunjang ASI yang berkualitas. Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hami.

Berikut Jenis Makanan Sehat Untuk Nutrisi Ibu Menyusui

  1. Ikan salmon

Ikan salmon berada di urutan pertama sebagai makanan yang direkomendasikan untuk nutrisi ibu menyusui. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi mendekati sempurna. Jenis ikan ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk ibu menyusui karena mengandung asam lemak yang diperlukan untuk menunjang pertumbuhan bayi. Kandungan asam lemak DHA pada salmon sangat tinggi dan berguna untuk menunjang perkembangan saraf dan membentuk kecerdasan otak bayi.

  1. Daging sapi tanpa lemak

Konsumsilah daging sapi tanpa lemak untuk menambah energi pada waktu menyusui. Daging sapi pada umumnya mengandung zat besi yang berguna untuk membantu proses pembentukan hemoglobin. Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak sangat berguna untuk memperlancar sirkulasi darah yang membawa nutrisi melalui ASI untuk bayi.

  1. Produk susu rendah lemak

Produk susu seperti yoghurt dan keju bia menjadi salah satu pilihan Anda untuk melengkapi kebutuhan gizi pada waktu menyusui. Pada umumnya susu mengandung protein, kalsium dan vitamin yang berguna untuk menunjang kualitas dan kuantitas ASI.

  1. Gandum

Gandum merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi. Asam folat dibutuhkan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi . Maka dari itu konsumsilah makanan yang mengandung asam folat seperti roti ataupun sereal gandum.

  1. Buah berry

Kandungan antioksidan pada buah berry sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda dan meningkatkan sistem imun bayi. Konsumsilah buah berry seperti blueberi, stroberi ataupun blackberry.

  1. Sayuran hijau

Ibu menyusui tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini. Sayuran sangat penting untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral pada waktu menyusui. Selain itu kandungan serat pada sayuran sangat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

  1. Telur

Tambahkan telur dalam menu makanan Anda ketika menyusui. Telur mengandung protein yang berguna untuk menunjang perkembangan otak bayi. Selain itu, telur juga memiliki kandungan vitamin D yang bermanfaat untuk permbentukan dan memperkuat tulang bayi.

  1. Air

Penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya. Konsumsi air putih sangat efektif untuk mendukung kualitas dan kuantitas ASI.

Nah, itulah jenis makanan sehat untuk nutrisi ibu menyusui. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517