Sumber Makanan Sehat Untuk Melengkapi Kebutuhan Gizi Balita

Makanan merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Anda harus senantiasa memperhatikan setiap asupan makanan untuk si kecil. Kandungan nutrisi pada makanan menjadi poin penting ketika Anda akan menyajikan makanan tersebut. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan nutrisi dua kali lebih banyak daripada orang dewasa.

Makanan Sehat Untuk Gizi Balita

Pada usia balita sangat dianjurkan untuk memberikan asupan makanan dengan kandungan nutrisi lengkap. Anda sebagai orangtua harus selektif dalam memilih jenis makanan untuk balita Anda. Hal ini karena setiap makanan yang dikonsumsi anak Anda akan menetukan dan mempengaruhi tingkat perkembangannya.

Makanan bergizi tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan, akan tetapi nutrisi penting yang terkandung pada makanan berperan penting dalam perkembangan psikologis dan kecerdasan anak. Makanan yang disajikan untuk anak harus memiliki semua unsur yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangannya. Selain itu setiap makanan yang Anda sajikan harus melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya.

Beberapa Pilihan Sumber Makanan Untuk Melengkapi Kebutuhan Gizi Balita

  • Ikan

Ikan adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak protein. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis ikan bisa diberikan pada balita. Anda harus lebih selektif dan lebih cerdas dalam memilih jenis ikan untuk si kecil. Hindari ikan yang memiliki kandungan merkuri dalam jumlah tinggi. Salah satu jenis ikan yang dianjurkan untuk balita yaitu ikan salmon dan ikan tuna. Jenis ikan tersebut memiliki kandungan lemak omega-3 dalam jumlah yang sangat banyak. Lemak omega-3 dibutuhkan oleh setiap anak untuk menunjang perkembangan otak. Omega-3 merupakan lemak sehat yang berguna untuk kecerdasan otak anak.

  • Telur

Seperti halnya ikan, telur merupakan sumber makanan yang mengandung banyak protein. Fungsi dari protein yaitu untuk membantu proses regenerasi sel. Telur bisa menjadi pilihan Anda dalam melengkapi kebutuhan gizi si kecil setiap harinya. Sajikan telur secara rutin dan teratur supaya pertumbuhan si kecil berjalan optimal. Kandungan vitamin D pada telur berguna untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga bermanfaat sekali bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  • Sayur-sayuran

Semua jenis sayuran sangat bagus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak pada masa pertumbuhan. Salah satu jenis sayuran yang disarankan untuk anak balita yaitu brokoli ataupun kubis. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran tersebut berguna untuk menjaga kesehatan balita dan mencegah tumbuhnya sel kanker pada balita.

  • Buah-buahan

Buah-buahan bisa diberikan pada balita Anda dalam melengkapi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya. Buah bisa diberikan secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus buah. Kandungan vitamin yang melimpah pada buah sangat tepat untuk diberikan pada balita. Vitamin C pada buah berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh balita dan menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatannya.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa Anda tambahkan pada menu makanan balita. Semua jenis kacang mengandung lemak baik yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung si kecil. Kacang bisa Anda variasikan dengan jenis makanan lain sebagai makanan tambahan atau cemilan bagi balita Anda.

Related Posts

Share This