Sumber Makanan Sehat Untuk Anak

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan orang dewasa. Dalam hal ini penting sekali bagi setiap orangtua untuk memperhatikan makanan anak yang sehat dan bergizi. Secara umum makanan untuk anak harus mengandung vitamin dan mineral.

Sebisa mungkin Anda harus menghindarkan si kecil dari jenis makanan yang bisa mempengaruhi kesehatan dan sistem imun tubuhnya. Misalnya makanan yang mengandung pemanis ataupun pewarna buatan. Bahkan ahli kesehatan lebih menyarankan supaya anak-anak dalam masa pertumbuhan mendapatkan asupan makanan dari bahan yang bersifat alami seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain untuk menunjang proses pertumbuhan, makanan sehat untuk anak juga berguna dalam menurunkan resiko penyakit berbahaya dikemudian hari seperti kanker, jantung dan pengeroposan pada tulang. Nah, selain vitamin dan mineral, dalam tahap pertumbuhan anak membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

Inilah Sumber Makanan Sehat Untuk Anak Dalam Masa Pertumbuhan

  • Salmon

Makanan sehat untuk anak salah satunya yaitu dari jenis ikan-ikanan. Yang disarankan oleh pakar gizi dan kesehatan anak yaitu jenis ikan salmon. Kandungan nutrisi seperti lemak omega-3 pada salmon sangat tinggi. Manfaatnya yaitu untuk menunjang perkembangan otak dan menjaga kesehatan jantung. Disamping itu, ikan salmon juga mengandung protein yang berkualitas tinggi untuk mendukung pertumbuhan anak.

  • Wortel

Sayuran berwarna orange ini sangat kaya akan kandungan betakaroten. Perlu Anda ketahui bahwa betakaroten akan diubah menjadi vitamin A setelah melalui proses metabolisme di dalam tubuh. Manfaatnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Buah alpukat

Alpukat tergolong salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi. Salah satunya yaitu asam folat dan lemak tak jenuh. Manfaatnya tentu saja untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dan membantu perkembangan otak serta kecerdasannya. Alpukat sangat cocok untuk diberikan pada anak sejak dini sebagai MPASI.

  • Susu

Kandungan nutrisi pada susu tidak perlu diragukan lagi. Susu merupakan sumber kalsium yang berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang serta gigi. Nah, disamping itu susu juga mengandung vitamin D yang berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

  • Buah mangga

Kandungan vitamin C pada buah mangga bermanfaat sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, kandungan vitamin pada buah mangga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  • Kacang-kacangan

Makanan dari kelompok biji-bijian seperti kacang memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan anak. Kandungan omega-3 pada kacang-kacangan berguna untuk membantu perkembangan otak untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, kacang juga tergolong sebagai sumber makanan yang mengandung serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517