Sumber Makanan Penyebab Keguguran

Keguguran merupakan suatu kejadian yang menyakitkan dan meninggalkan trauma mendalam bagi wanita. Keguguran adalah terhentinya perkembangan janin di dalam kandungan ketika usia kehamilan muda yaitu 12 minggu atau pada trimester pertama. Penyebab keguguran sangat beragam, baik itu faktor eksternal maupun internal.

Nah, salah satu penyebab keguguran kandungan yaitu faktor makanan. Memasuki usia kehamilan tahap awal, ibu hamil dianjurkan untuk lebih selektif dalam memilih jenis makanan. Ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi jenis makanan. Hal ini karena tidak semua jenis makanan baik untuk kehamilan dan kesehatan janin. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa membahayakan tumbuh kembang janin.

Dalam rangka mencukupi semua kebutuhan nutrisi pada waktu hamil, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Namun, dalam hal ini sebaiknya Anda lebih selektif serta mengetahui jenis makanan yang baik untuk kehamilan dan perkembangan janin. Selain itu, ibu hamil juga harus mengetahui jenis makanan yang berpotensi mengganggu kehamilan.

Adapun Jenis Makanan Penyebab Keguguran Yaitu Sebagai Berikut!

  1. Kepiting

Kepiting merupakan salah satu menu seafood yang paling banyak digemari oleh semua kalangan. Rasanya yang lezat tentu membuat kita ngiler dan ingin segera menyantapnya. Selain itu, kepiting juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi/gizi cukup tinggi. Namun, bagi Anda yang sedang hamil trimester pertama sebaiknya membatasi konsumsi kepiting sebab bisa membahayakan kehamilan. Mengkonsumsi kepiting pada trimester awal beresiko menyebabkan pendarahan genital dan berpotensi keguguran. Hal ini karena kepiting bisa mengakibatkan ukuran rahim menyusut.

  1. Nanas

Bagi Anda yang sedang hamil muda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nanas sebab bisa memicu terjadinya keguguran. Hal ini karena nanas mengandung senyawa yang disebut enzim bromelain. Senyawa tersebut seperti halnya ditemui pada buah pepaya muda. Enzim bromelain bisa menyebabkan dinding rahim melunak dan mengalami kontraksi sehingga terjadi keguguran.

  1. Daging dan telur

Faktor penyebab keguguran yang selanjutnya yaitu daging dan telur. Yang dimaksud disini adalah daging dan telur yang diolah dengan cara tidak benar. Jika telur hanya dimasak setengah matang maka beresiko menyebabkan infeksi bakteri Listeria. Begitu juga sama halnya dengan daging. Maka dari itu ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi daging dan telur yang diolah dengan benar dan matang sehingga bakteri dan kuman yang menempel akan mati dan tidak membahayakan kehamilan.

  1. Produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu yang tidak melalui proses pasteurisasi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena beresiko mengakibatkan keguguran. Penyebabnya tidak lain yaitu bakteri pada susu bisa menginfeksi janin di dalam rahim. Maka dari itu pilihlah jenis susu ataupun produk olahannya yang benar-benar steril.

  1. Ikan

Ikan termasuk jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Namun di satu sisi ikan juga dilarang bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Ikan yang dilarang bagi ibu hamil yaitu jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi atau jenis ikan yang diawetkan. Pilihlah jenis ikan salmon dan tuna untuk menunjang kehamilan yang sehat karena mengandung omega-3.

Nah, demikian sebagian kecil dari jenis makanan yang bisa menyebabkan keguguran. Usahakan untuk lebih selektif dalam memilih jenis makanan pada waktu hamil supaya tidak membahayakan kesehatan Anda dan perkembangan si kecil di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517