Sumber Makanan Dengan Kandungan Antioksidan Alami

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang berperan penting dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit. Zat antioksidan juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, antioksidan alami bisa diperoleh dari beberapa jenis sumber makanan seperti kelompok buah-buahan dan sayuran.

Sebenarnya tubuh kita bisa memproduksi antioksidan alami, hanya saja perlindungan antioksidan alami akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu untuk menjaga eksistensi tersebut perlu tambahan antioksidan dari luar melalui asupan makanan.

Daripada mengkonsumsi suplemen, antioksidan lebih efektif diperoleh dari sumber makanan alami. Disamping antioksidan, tentunya makanan memiliki kandungan nutrisi lain yang berguna dalam menunjang kesehatan tubuh.

Berikut Ini Sumber Makanan Yang Memiliki Kandungan Antioksidan

  • Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan tertinggi seperti tanin, antosianidin, myricetin, quercetin, kaemferol, vitamin C dan vitamin A. Konsumsi buah ini secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Stroberi

Jenis antioksidan pada buah stroberi yaitu quercetin yang berperan penting dalam membunuh sel kanker. Disamping itu, stroberi juga mengandung fenolik dan vitamin C yang mberguna dalam mengontrol kolesterol jahat.

  • Anggur

Anggur mengandung resveratrol yang berfumngsi dalam melindungi sistem saraf dan otak. Senyawa ini berperan penting dalam membunuh sel kanker serta menjaga sirkulasi darah. Buah Anggur juga mengandung antosianin, kaemferol, zeaxanthin, lutein bahkan betakaroten.

  • Cranberry

Antioksidan tinggi memang terdapat dalam jenis buah berry. Antioksidan pada buah ini yaitu fenolat, flavonoid, antosianin, triterfenoid. Cranberry juga mengandung resveratrol.

  • Ceri

Meskipun ukurannya terbilang kecil, akan tetapi buah ceri sangat kaya akan kandungan antioksidan. Jenis antioksidan pada buah ceri yaitu betakaroten, melatonin, zeaxanthin, antosianin dan melatonin. Manfaatnya tentu saja untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan antioksidan jenis alfakaroten, lutein, cryptoxanthin damn bahkan zeaxanthin. Manfaatnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah masalah penglihatan.

  • Brokoli

Sayuran juga memiliki kandungan antioksidan sukup tinggi. Contohnya yaitu brokoli yang mengandung beta karoten, vitamin A, vitamin C serta zeaxanthin. Mengkonsumsi brokoli secara rutin berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan mencegah terjadinya peradangan.

  • Asparagus

Asparagus mengandung vitamin A, vitamin E dan bahkan betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan tersebut juga berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Labu kuning

Kandungan karotenoid pada labu kuning berfungsi sebagai antioksidan alami untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jenis antioksidan tersebut diantaranya yaitu gamma tocomonoeol dan alfa tocomonoeol.

  • Jagung

Jagung memiliki kandungan antioksidan berupa zeaxanthin dan lutein. Manfaatnya tentu tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan alami. Masih banyak jenis makanan sehat lainnya yang mengandung antioksidan yang berasal dari kelompok sayuran dan buah-buahan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This