Sumber Makanan Bergizi Untuk Nutrisi Otak Anak

Anda ingin memiliki anak yang cerdas dan berprestasi dalam berbagai hal? Kuncinya sangat mudah yaitu dengan memperhatikan pola makan dalam kesehariannya. Cukupilah semua kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan baik sehingga akan mendukung tumbuh kembang serta kecerdasan. Bagaimanapun makanan merupakan salah satu komponen yang memberikan manfaat terhadap tumbuh kembang anak.

Pakar nutrisi menyarankan supaya para orangtua lebih cerdas untuk memilih berbagai jenis makanan bergizi guna meningkatkan perkembangan otak anak. Beberapa jenis makanan diketahui bisa mendukung perkembangan otak pada usia pertumbuhannya.

Nutrisi otak memang diperlukan guna mengoptimalkan perkembangan otak pada masa tumbuh kembang anak. Perlu Anda ketahui bahwa otak merupakan salah satu organ yang pertama kali menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Oleh karena itu, sangat penting kiranya untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi anak-anak. Hal ini sebagai upaya yang akan mendukung tumbuh kembangnya serta memaksimalkan fungsi dari otak. Lalu apa saja jenis makanan yang tepat guna mengoptimalkan tumbuh kembang otak anak?

Inilah Daftar Makanan Yang Berguna Sebagai Nutrisi Otak anak

  1. Ikan

Salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk mendukung tumbuh kembang otak anak yaitu ikan. Jenis ikan apa yang bagus untuk anak? Tentunya ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna maupun makarel.

Anak-anak yang mendapatkan asupan nutrisi omega-3 tentunya akan memiliki kecerdasan dan tingkat konsentrasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkannya. Maka dari itu berikan ikan yang berkualitas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil.

  1. Sayuran

Jenis sayuran yang berwarna terang seperti wortel, bayam, tomat dan labu merupakan makananan yang kaya akan kandungan antioksidan. Jenis makanan ini bisa membantu menjaga kesehatan membrane sel. Semakin cerah warna sayuran maka semakin tinggi kandungan antioksidannya.

Berikan sayuran pada anak secara teratur guna membantu menjaga kesehatan otaknya. Antioksidan dalam sayuran bisa mencegah kerusakan sel sehingga dalam hal ini otak si kecil bisa berkembang dengan sangat baik.

  1. Telur

Makanan sederhana, murah dan mudah didapat ini iternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunnya kandungan kolin pada telur bermanfaat guna menunjang perkambangan otak anak. Berikan telur secara teratur untuk menu makan si kecil.

  1. Buah Beri

Macam-macam buah beri seperti blueberi, stroberi atapun raspberi mengandung vitamin C atau antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah yang lainnya. Manfaatnya bisa mempertajam daya ingat terutama pada anak dalam masa pertumbuhan.

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Jenis makanan ini merupakan sumber zat besi yang bisa membuat si kecil tetap berenergi dan memperkuat daya ingatnya. Selain itu, kandungan zinc pada daging sapi tanpa lemak sangat bagus untuk mendukung kecerdasan si kecil.

  1. Susu atau Yoghurt

Susu ataupun produk susu seperti yoghurt kaya akan nutrisi seperti vitamin D ataupun vitamin B yang bermanfaat untuk perkembangan jaringan otak pada anak. Bahkan vitamin D bisa menjaga siklus hidup dari sel saraf dan otot. Berikan minuman sehat ini pada anak secara teratur. Yoghurt juga sangat baik untuk menjaga kesehatan system pencernaan si kecil dalam tahap tumbuh kembangnya.

Demikian beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk mendukung perkembangan otak serta kecerdasan otak anak. Nutrisi yang tepat akan menjadikan anak sehat dan berprestasi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This