Stress Pada Ibu Hamil, Inilah Cara Mengatasinya!

Menjaga kesehatan pada waktu hamil merupakan hal yang wajib karena bagaimanapun kesehatan ibu hamil akan berdampak terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Namun seringkali dalam hal ini ibu hamil dihadapkan dengan kondisi yang membahayakan kesehatan akibat pikiran stres. Perlu Anda ketahui bahwa stres pada ibu hamil akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan janin.

Stress bisa datang kapan saja dan tidak ada orang yang menginginkannya. Bahkan menurut psikolog, kehamilan bisa menjadi salah satu faktor penyebab stres. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena perubahan yang terjadi akibat pengaruh hormone kehamilan akan memicu produksi hormone stres pada ibu hamil. Dampak stres saat hamil bukan saja bagi ibu hamil, melainkan terhadap tumbuh kembang janin.

Nah, menyikapi hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui cara untuk mengatasi stres saat hamil. Berikut ini penulis akan berbagi tips untuk menangani stres saat hamil. Simak penjelasan berikut ini!

  • Ketahui terlebih dahulu penyebabnya

Untuk memudahkan Anda dalam mengatasi stres selama hamil. Alangkah lebih baiknya apabila mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu. Bisa saja stres diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari ataupun perubahan yang terjadi selama kehamilan. Setelah mengetahui penyebabnya maka lebih mudah untuk menemukan solusinya.

  • Konsumsi makanan bergizi

Selain untuk menjaga kesehatan dan melengkapi kebutuhan nutrisi pada waktu hamil, makanan bergizi ternyata bisa memperbaiki mood ibu hamil dan mencegah stres. Konsumsilah makanan yang menunjang kelengkapan gizi seperti vitamin, protein, kalsium dan nutrisi penting lainnya.

  • Istirahat cukup

Cara lain untuk mengatasi stres pada ibu hamil yang selanjutnya yaitu dengan meluangkan waktu istirahat. Jika ibu hamil terlalu kelelahan maka sangat rentan mengalami stres. Maka dari itu, biasakan untuk istirahat pada malam dan siang hari untuk menjaga kesehatan selama hamil.

  • Olahraga

Nah, olahraga ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi stres pada waktu hamil. Jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu yoga ataupun latihan meditasi. Hal ini akan membuat pikiran ibu hamil menjadi lebih rileks.

  • Mendengarkan musik

Coba dengarkan musik klasik dengan nada yang lembut. Hal ini sangat berguna untuk memperbaiki mood dan membuat ibu hamil lebih rileks. Selain itu, musik klasik sangat berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan.

  • Hindari kebiasaan buruk

Selama menjalani masa kehamilan sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, mengkonsumsi junkfood dan kebiasaan buruk lainnya. Kebiasan buruk bisa menjadi pemicu stres pada ibu hamil.

Semoga ulasan singkat yang penulis sajiikan bermanfaat bagi Anda. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, jagalah selalu kondisi kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan hindari hal-hal yang bisa memicu stres.

Related Posts

Share This