Strategi Makan Untuk Redakan Keluhan Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi pada wanita adalah salah satu hal yang memang rutin terjadi setiap bulan. Menstruasi merupakan salah satu siklus peluruhan dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi. Kondisi ini juga sebagai salah satu tanda kesuburan pada wanita. Jika menstruasi terhanti atau menopause maka hal ini mengindikasikan bahwa seorang wanita tidak bisa hamil lagi.

Ketika menstruasi biasanya banyak sekali keluhan yang akan dirasakan oleh wanita. Contohnya seperti kram perut, sakit yang tak tertahankan pada bagian perut dan bahkan keinginan makan yang tidak terkontrol. Kondisi seperti ini sudah lumrah dialami oleh semua wanita setiap bulannya. Namun tidak perlu khawatir, bagi Anda yang sering mengalami keluhan sakit saat menstruasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satunya yaitu dengan menerapkan strategi makan yang baik dan benar.

Berikut Ini Strategi Makan Untuk Meredakan Keluhan Saat Menstruasi

Fokus Pada Makanan yang Mengandung Serat dan Rendah Lemak

Strategi yang pertama yaitu fokus pada makanan yang kaya akan kandungan serat dan rendah lemak. Hal ini bertujuan untuk membuat gula darah supaya tetap stabil sehingga bisa mengimbangi dan menjaga keinginan Anda untuk makan. Jika keinginan untuk makan pada sore hari memuncak maka strateginya yaitu dengan ngemil makanan sehat seperti buah-buahan, kacang almond ataupun keju.

Menyusun Strategi Pola Makan

Pada waktu menstruasi, sebaiknya Anda mengubah jadwal makan menjadi lebih sering namun tentunya dengan porsi sedikit. Dalam artian makan sering namun porsinya sedikit. Hal ini untuk menekan nafsu makan berlebih dan mengatasi keluhan yang Anda rasakan seputar menstruasi. Dengan begitu keluhan seperti kram perut bisa sedikit berkurang.

Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

Menstruasi menyebabkan wanita kekurangan zat besi akibat banyak darah yang keluar. Namun kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah tanpa lemak, sayuran seperti bayam, buah-buahan ataupun kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi juga akan menghindarkan dari risiko penyakit kurang darah atau anemia.

Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein bisa memberikan manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara benar. Salah satunya yaitu untuk meredakan keluhan pada waktu menstruasi seperti kram perut. Kandungan antioksidan pada minuman berkafein bisa menghindarkan radikal bebas pemicu penyakit pada wanita menstruasi.

Pilih Makanan Untuk Mengatasi Kembung

Perut kembung kerap kali dirasakan oleh wanita pada waktu menstruasi. Sebaiknya dalam hal ini menghindari jenis makanan atau minuman yang menjadi penyebab perut kembung. Sebaiknya hindari minuman seperti minuman berkarbonasi atau soda. Hal ini karena akan membuat perut terasa lebih tidak nyaman saat menstruasi. Pilihlah jenis makanan atau minuman sehat untuk mengatasi keluhan selama menstruasi.

Demikian beberapa strategi atau saran dalam mengatasi keluhan selama menstruasi. Pola hidup dan pola makan yang sehat akan menghindarkan dari berbagai keluhan selama menstruasi. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih guna menjaga cairan tubuh dan sirkulasi darah tetap lancar. Perbanyak makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. Hindari konsumsi obat-obatan kimia Pereda rasa nyeri karena justru hal tersebut bisa memperparah keluhan yang Anda rasakan.

Strategi gaya hidup sehat mampu mengatasi berbagai keluhan dalam menstruasi. Lakukan dengan benar dan jika sakit yang dirasakan dirasa janggal atau tidak seperti biasanya, maka periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517