Solusi Untuk Mengatasi Kram di Kaki Pada Ibu Hamil

Memasuki usia kehamilan trimester kedua atau ketiga biasanya ibu hamil mengalami banyak keluhan. Perkembangan janin di dalam kandungan yang semakin membesar membuat fisik ibu hamil mengalami perubahan. Salah satu keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil pada trimester ketiga yaitu kram pada bagian kaki. Kram yang dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh adanya gangguan atau kontraksi pada telapak kaki dan otot kaki.

Otot-otot betis akan menegang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Kondisi fisik terutama perut ibu hamil yang semakin membesar akan menekan pembuluh darah pada bagian panggul sehingga menghambat sirkulasi darah menuju ke kaki. Aliran darah yang tidak lancar akan menyebabkan ibu hamil kerap kali merasa kram pada bagian kaki.

Mengatasi Kaki Kram Pada Ibu Hamil

Kram pada kaki biasanya lebih sering dirasakan oleh ibu hamil pada malam hari sehingga hal ini mengganggu kenyamanan waktu beristirahat. Akan tetapi bagi Anda yang sedang hamil tidak perlu merasa khawatir dan stres akibat sering mengalami kram pada kaki. Pada kesempatan ini kita akan berbagi solusi dan informasi untuk mengatasi kaki kram saat hamil.

Berikut Ini Ada Beberapa Solusi Untuk Mencegah dan Mengatasi Kram Pada Waktu Hamil

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meluruskan bagian kaki dan tumit sampai merasa rileks. Pijat bagian otot kaki yang terasa kram dengan pijatan yang lembut dan perlahan. Apabila Anda merasakan kram pada waktu duduk atau tidur, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggerakan jari kaki secara perlahan kemudian bangun pelan-pelan sehingga kram pada bagian kaki mulai hilang perlahan.

Selain melakukan cara diatas, kram kaki pada waktu hamil juga bisa diatasi dan dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Berjalan kaki. Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Pada waktu hamil olahraga akan bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Jenis olahraga untuk ibu hamil bisa disesuaikan dengan usia kehamilan. ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki santai. Hal yang paling penting adalah jangan sampai ibu hamil kelelahan. Berjalan kaki secara rutin akan membantu memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama kaki sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kram di kaki pada ibu hamil.
  • Jangan duduk bersila. Ibu hamil sebaiknya memperhatikan posisi duduk untuk mencegah kram pada bagian kaki. Posisi duduk yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil yaitu posisi duduk bersila. Mengapa posisi tersebut dilarang? Posisi duduk bersila akan menyebabkan aliran darah pada bagian kaki tertekan sehingga mengakibatkan kram. Posisi duduk yang aman untuk ibu hamil yaitu dengan meluruskan kaki atau duduk diatas kursi sambil kaki diluruskan. Dengan demikian aliran darah menuju kaki akan tetap lancar.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Menurut beberapa riset bahwa kram pada kaki bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin dan mineral. Ibu hamil yang kekurangan asupan nutrisi seperti posfor, kalsium dan magnesium biasanya rentan mengalami kram pada bagian kaki. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang hamil atau merencakan kehamilan sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk mencegah berbagai macam keluhan pada waktu hamil.
  • Mencukupi kebutuhan cairan. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, ibu hamil juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan memperlancar peredaran darah serta mencegah terjadinya kram kaki. Konsumsilah air putih minimal 2 liter per hari.
  • Jangan menggunakan sepatu hak tinggi. Memakai sepatu hak tinggi memang tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Selain beresiko menyebabkan ibu hamil terjatuh, sepatu hak tinggi juga bisa menyebabkan kram pada ibu hamil. Memakai sepatu hak tinggi akan memberikan tekanan pada kaki sehingga aliran darah akan terhambat.
  • Melakukan peregangan. Apabila Anda mengalami kram setelah duduk atau bangun tidur, lakukan peregangan dengan cara menggerakan atau memutar pergelangan kaki searah jarum jam dan sebaliknya. Selain itu, Anda juga bisa mengompres bagian kaki yang kram dengan air hangat. Cara tersebut bermanfaat untuk membuat rileks otot yang tegang sehingga membantu mengatasi kram kaki.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517