Solusi Untuk Mengatasi Keputihan Gatal

Menjaga kebersihan organ intim memang menjadi suatu keharusan untuk mencegah timbulnya gangguan di area tersebut. Salah satu yang menjadi fokus penting yaitu organ intim kewanitaan yang kerap kali rentan terjadi gangguan. Keputihan menjadi salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh kebanyakan wanita. Keputihan memang normal adanya sebagai bentuk sekresi vagina, namun jika sudah berubah menjadi tidak normal maka keputihan perlu diwaspadai. Terlebih lagi jika kategorinya termasuk keputihan gatal.

Keputihan gatal yang dialami oleh wanita tentunya bukan hal yang wajar. Hal ini perlu mendapat perhatian dan penanganan yang serius. Hal ini karena jika dibiarkan maka kondisinya akan semakin parah dan bersesiko menyebabkan gangguan yang lebih berbahaya. Keputihan gatal yang disertai cairan bau amis disebabkan oleh jamur candida albicans yang menginfeksi vagina.

Infeksi yang semakin parah akan menyebabkan rasa nyeri, terutama ketika berhubungan intim atau buang air kecil. Bahkan pada kondisi yang semakin parah, jamur ini bisa menular pada pasangan melalui aktivitas seksual.

Pada dasarnya keputihan gatal menunjukan ciri-ciri yaitu selangkangan terasa gatal, bau busuk, iritasi dan cairan yang dikeluarkan berwarna kuning kehijauan serta lendir tersbut banyak. Hal ini harus segera mendapat penanganan medis sebelum pada akhirnya menyebabkan gangguan yang lebih parah.

Berikut Ini Solusi Untuk Mengatasi Keputihan Gatal

  1. Menjaga Kebersihan Organ Intim

Kebersihan menjadi syarat utama untuk mencegah keputihan. Untuk mencegah adanya infeksi jamur keputihan sebaiknya bersihkan vagina dengan cara yang benar dan hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia sebab akan membunuh bakteri baik. Alangkah lebih baiknya jika membersihkan vagina hanya dengan menggunakan air bersih saja kemudian keringkan dengan handuk bersih.

  1. Menjaga Kelembapan

Gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun sehingga bisa menyerap keringat dan mencegah supaya tidak lembab. Kelembapan vagina harus senantiasa dijaga sebagai upaya untuk menghindari infeksi bakteri dan jamur.

  1. Hubungan Intim Sehat

Hubungan intim yang tidak sehat dan sering bergunta ganti pasangan tentunya sangat beresiko menyebabkan keputihan yang bersifat patologis. Maka dari itu, lakukan hubungan intim hanya dengan pasangan saja dan dengan cara yang sehat.

  1. Mandi Bersih

Keputihan gatal bisa Anda atasi dengan rutin mandi dan berendam menggunakan air hangat. Hal ini akan meminimalisir infeksi bakteri dan jamur keputihan.

  1. Perhatikan Penggunaan Pembalut

Penggunaan pembalut tidak boleh disepelekan sebab bisa memicu timbulnya jamur keputihan. Pada waktu menstruasi sebaiknya penggunaan pembalut harus memperhatikan kebersihannya. Disarankan untuk mengganti pembalut sesering mungkin yaitu setiap 4 jam sekali sehingga hal ini akan mencegah infeksi jamur.

  1. Hindari Celana Ketat

Celana ketat bisa menyebabkan suhu pada vagina meningkat sehingga memicu keringat. Hal inilah yang akan memunculkan jamur keputihan. Maka dari itu, bagi wanita sebaiknya membatasi penggunaan celana ketat untuk menghambat perkembangan bakteri/jamur.

  1. Jangan Menggaruk

Gatal pada organ intim sebaiknya jangan digaruk. Hal ini karena bisa memicu kondisi yang lebih parah. Sebaiknya Anda mengompres menggunakan air es. Dan jika kondisinya makin parah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Related Posts

Share This