Solusi Untuk Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Seiring dengan perkembangan zaman maka kemajuan teknologi semakin pesat. Pada saat ini salahs atu teknologi yang banyak digandrungi adalah gadget. Berbagai produk gadget banyak bermunculan dan semakin mengalami kecanggihan dari waktu ke waktu. Kini dipasaran, produsen gadget bersaing untuk membuat produk mereka laku dengan menawarkan fitur canggih pada gadget. Namun, sangat disayangkan jika kemajuan teknologi tersebut justru membawa dampak bagi kesehatan. Terlebih lagi jika tidak terkontrol dan menimbulkan kecanduan gadget.

Salah satu dampak negatif gadget bagi kesehatan anak yaitu mempengaruhi perkembangan dan pola hidup. Dengan semakin menariknya fitur pada gadget maka akan membuat anak lebih senang memainkan barang elektronik tersebut. Bahkan hal ini akan membuat anak tidak bisa bersosialisasi dan malas untuk belajar.

Dampak jangka panjangnya yaitu akan membuat anak tumbuh dengan pribadi yang individualis dan egois. Prestasi anak bisa menurun akibat terlalu asik maen gadget dan enggan untuk belajar. Lebih parahnya lagi kecanduan gadget bisa membuat si kecil kehilangan waktu tidur akibat terlalu asik memainkan benda tersebut.

Gadget tidak dilarang untuk anak, hanya saja dalam hal ini orangtua harus memberikan batasan dan kontrol penggunaan gadget. Dengan begitu maka si kecil tiak akan menjadi pecandu gadget. Bimbingan dan pengawasan dari orangtua memang menjadi salah satu faktor penting untuk menghindari dampak negatif dari gadget.

Berikut Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Hindari Memperkenalkan Gadget Di Usia Dini

Pada zaman sekarang mungkin akan kita jumpai anak-anak kecil yang sudah mahir dalam menggunakan gadget. Hal ini nampaknya kurang kontrol dari orangtua sehingga beresiko terhadap kecanduan gadget. Maka dari itu, sebaiknya gadget diperkenalkan pada anak ketika sudah mengerti dan bisa membedakan mana yang baik atau tidak. Jangan memperkenalkan gadget pada anak di usia yang masih terlalu dini karena bisa berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Berikan Pemahaman Pada Anak

Langkah selanjutnya yaitu berikan pemahaman pada anak mengenai cara yang baik dalam menggunakan gadget. Pada intinya berikan pengarahan supaya anak tidak menggunakan gadget dalam waktu lama nasihati si kecil secara perlahan dan jangan memaksanya untuk menghinari gadget karena justru anak semakina membuatnya penasaran,

Jadilah Contoh Yang Baik

Jangan hanya melarang saja, namun Anda juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Ketika di rumah, sebaiknya Anda jangan terlalu lama atau terlalu asik bermain gadget. Contoh nyata nampaknya akan lebih mudah untuk ditiru oleh anak sehingga secara perlahan akan enjadi kebiasaan baik yang terus berlanjut hingga si anak tumbuh dewasa.

Demikian beberapa poin penting untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Perhatian dan memberikan penjelasan pada anak adalah kunci untuk menghindari kecanduan gadget. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This