Solusi Untuk Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan sepertinya bukan sebuah permasalahan yang asing bagi setiap orangtua. Dalam usia balita biasanya si kecil lebih asik bermain sehingga nafsu makan terganggu. Perhatian si kecil lebih mudah teralihkan dengan sesuatu yang menarim yang baru dikenalnya. Dalam hal ini tentunya Anda harus memiliki cara khusus sehingga asupan nutrisi untuk tubuhnya akan tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu proses tumbuh kembangnya tidak akan terganggu.

Penyebab si kecil susah makan bisa diakibatkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu gangguan pada sistem pencernaan yang membuat nafsu makan si kecil menurun. Selain itu, nafsu makan si kecil menurun akibat dari gangguan psikis berupa suasana yang tiak nyaman dalam rumah. Biasanya hal ini terjadi akibat adanya pertengkaran orangtua dalam hubungan rumah tangga.

Pada kasus lain, anak susah makan bisa disebabkan oleh lingkungan dan suasana yang kurang menyenangkan di ruang makan. Selain itu, kebiasaan orangtua yang sering memaksa anak untuk makan makanan yang tidak disukainya menjadi penyebab nafsu makan si kecil hilang.

Berikut Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  1. Makanan yang bervariasi

Cara mengatasi anak susah makan yang pertama yaitu dengan memberikan menu makanan yang lebih bervariasi setiap harinya. Dengan begitu si kecil tidak akan merasa bosan. Selain itu, cobalah untuk memberikan kesempatan pada si kecil untuk memilih sendiri makanan yang disukainya.

  1. Porsi kecil

Langkah selanjutnya yaitu dengan menerapkan metode porsi kecil yang disesuaikan dengan lambung si kecil. Dengan begitu Anda bisa membantu pencernaan si kecil untuk terus berkembangn dengan baik dengan asupan makanan dalam porsi sedikit.

  1. Suasana makan yang menyenangkan

Untuk mendukung nafsu makan si kecil supaya lebih baik maka penting sekali untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Jangan pernah memaksa si kecil untuk makan dengan cara menakut-nakuti. Hal ini akan berdampak buruk terhadap kondisi psikisnya sehingga akan meninggalkan trauma psikologis.

  1. Menyajikan makanan menarik

Selain makanan yang bervariasi, untuk membangkitkan nafsu makan si kecil maka Anda harus senantiasa menyajikan makanan yang menarik. Salah satu contohnya yaitu dengan membuat nasi goreng yang dicetak dengan cetakan boneka. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan sayuran dengan cetakan lucu seperti gambar kartun ataupun boneka. Dengan begitu akan lebih menarik minat si kecil untuk makan.

  1. Jadwal makan teratur

Biasakan untuk menjadwalkan makan secara teratur sehingga dengan begitu si kecil akan terbiasa untuk makan tepat waktu.

  1. Cemilan sehat

Untuk melengkapi kebutuhan gizinya, berikan cemilan sehat di sela-sela makanan utama untuk si kecil. Misalnya dengan memberikan bola-bola kentang isi daging, puding buah dan aneka kreasi sayuran seperti stik sayuran dan keripik bayam.

Itulah solusi anak susah makan yang bisa Anda lakukan. Yang terpenting dalam hal ini yaitu jangan pernah memaksa dan memberikan ancaman ketika si kecil susah makan. Lakukan secara halus dan perlahan.

Related Posts

Share This