Sikap atau Perilaku Yang Bisa Mempengaruhi Kepribadian Anak

Menjadi orangtua bukan perkara yang mudah karena sekecil apapun kesalahan dalam mendidik anak akan berakibat fatal terhadap masa depan dan perkembangan anak. Selain itu, pola asuh yang salah akan berdampak buruk pada kebiasaan dan pola hidup anak. Pada usia dini, anak-anak belum mempunyai kemampuan untuk membedakan sesuatu yang baik dan buruk sehingga anak-anak lebih cenderung meniru setiap perilaku dan kebiasaan yang dilihatnya.

Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Apabila anak tumbuh di lingkungan yang tepat dengan pola asuh yang benar maka anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik. Akan tetapin sebaliknya jika anak dibesarkan dengan pola asuh yang salah maka hal ini akan berdampak buruk terhadap perkembangan psikis anak. Mendidik anak adalah hal yang gampang-gampah susah sehingga dibutuhkan kehati-hatian supaya tidak salah memberikan pendidikan dan pola asuh.

Perilaku Yang Mempengaruhi Kepribadian Anak

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Dalam Pembentukan Pribadi Anak

  • Terlalu memberikan tekanan pada anak

Menerapkan pola asuh untuk anak harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jangan terlalu mengatur dan mengarahkan tanpa memberi kesempatan pada anak. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi psikologis anak. Sikap terlalu mengatur akan membuat anak tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan menyalurkan setiap kemampuan yang dimilikinya. Dampak buruk yang akan dirasakan anak yaitu tidak memiliki pendirian dan senantiasa melakukan sesuatu atas perintah orang lain sehingga pada akhirnya bukan tidak mungkin kalau anak akan berontak.

  • Mengeluarkan ucapan kasar pada anak

Anak-anak lebih cenderung meniru setiap perilaku dan ucapan yang didengarnya, baik itu di lingkungan keluarga ataupun di lingkungan sosialnya. Anak-anak belum mempunyai kemampuan untuk menyaring serta membedakan hal yang baik dan buruk. Oleh karena itu, untuk membentuk pribadi anak yang baik, jangan pernah memberikan contoh yang tidak baik di depan anak-anak.

  • Kebiasaan menakut-nakuti dan mengancam anak

Menghadapi sikap anak-anak terkadang membuat orangtua merasa jengkel sehingga tanpa di sadari mengeluarkan kata-kata yang mengancam atau menakuti anak. Hal tersebut dilakukan oleh orangtua supaya anak menuruti semua perintah. Akan tetapi kebiasaan mengancam dan menakuti anak akan berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak.

  • Kebiasaan memanjakan anak

Pola asuh yang terlalu memanjakan dan menuruti semua keinginan anak tentunya akan berdampak bagi perkembangan anak. Kebiasaan tersebut akan membuat anak tidak memiliki kepribadian yang baik. Anak yang terlalu di manjakan akan tumbuh dengan kepribadian yang senantiasa bergantung pada orang lain dan tidak bisa mandiri.

  • Terlalu menuntut anak supaya lebih sempurna

Memberikan target pada anak untuk mencapai suatu tujuan memang hal yang baik supaya anak mau berusaha dan berjuang dengan sungguh-sungguh. Akan tetapi Anda sebagai orangtua tidak boleh memaksakan anak untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuannya. Hal ini bisa berdampak pada perkembangan psikologis anak sehingga bisa menyebabkan anak menjadi stres. Selain itu, ketika anak tumbuh dewasa akan cenderung melakukan segala hal untuk mencapai tujuannya tanpa memikirkan dampak negatif.

  • Memberikan motivasi yang berlebihan

Memberikan motivasi pada anak merupakan salah satu hal positif yang akan bermanfaat bagi anak. Dukungan dari orangtua akan membuat anak semakin terpacu untuk melakukan hal positif dan berprestasi. Akan tetapi dalam memberikan motivasi untuk anak tidak boleh berlebihan. Hal ini karena motivasi yang terlalu berlebihan akan membuat anak merasa dipaksa sehingga anak akan merasa tertekan dan stres. Dalam memberikan motivasi untuk anak harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak supaya tidak berdampak buruk bagi perkembangan anak.

Related Posts

Share This