Siapkan Kebutuhan Asam Folat Untuk Calon Ibu Hamil

Ingat bunda, ketika bunda akan menyiapkan kehamilan, bukan hanya mental yang harus bunda siapkan, akan tetapi kebutuhan vitamin juga sangat penting untuk diperhatikan dengan baik, dan salah satu kebutuhan vitamin yang harus diperhatikan ketika akan menyiapkan kehamilan yaitu asam folat untuk ibu hamil.

Nah, bagi calon ibu hamil, memenuhi kebutuhan asam folat memang sangatlah penting, karena nantinya asam folat akan berfungsi untuk membantu perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan serta mengurangi resiko lahirnya bayi cacat. Oleh karena itu, penting untuk calon ibu hamil bisa memilih makanan yang baik untuk ibu hamil.

Penting untuk diketahui, bahwa kebutuhan asam folat memiliki forsi harian yang sangat berbeda pada ibu hamil, dan umumnya ibu hamil membutuhkan 600 mcg setiap harinya yang bisa diperoleh dari makanan ibu hamil. Dan hal ini jelas sangat berbeda dari kalangan wanita biasa atau wanita yang tidak hamil, mereka hanya membutuhkan 400 mcg setiap harinya, sedangkan untuk ibu menyusui, mereka membutuhkan 500 mcg asam folat setiap harinya.

Dalam memenuhi gizi tersebut, maka setidaknya Anda sebagai calon ibu hamil bisa memenuhinya dengan beberapa jenis makanan berikut ini:

Buah yang mengandung Asam Folat Tinggi

Walaupun semua jenis buah-buhan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, namun ada beberapa jenis buah yang memang bisa memenuhi kebuthan asam folat yang Anda butuhkan.

  1. Alpukat
    Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah alpukat sebesar 90 mcg, atau setara dengan 22% kebutuhan harian Anda
  2. Pepaya
    Di dalam buah papaya, kandungan asam folanya jauh lebih tinggi jika di bandingkan dnegan buah alpukat, yaitu sebesar 115 mcg.
  3. Jeruk
    Selain memiliki kandungan vitamin C, jeruk ini juga memiliki kandungan asam folat, dan dalam satu butir buah jeruk terdapat 50 mcg asam folat.
  4. Stroberi
    Di dalam satu cangkir jus stroberi, terdapat 25 mcg kandungan asam folat.

Sayuran yang memiliki kandungan asam folat

Bukan hanya buah-buhan, karena pada nyatanya ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan asam folat yang bisa di konsumsi oleh calon ibu hamil guna memenuhi kebutuhan hariannya. Dan berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang bisa memenuhi kebutuhan asam folat Anda.

  1. Bayam
    Sayuran yang berdaun hijau ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Dalam satu mangkuk bisa menghasilkan 263 mcg kandungan asam folat.
  2. Asparagus
    Di dalam saparagus, terdapat kandungann vitamin A, vitamin C juga vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun selain itu juga terdapat kandungan asam folat yang tidak kalah tinggi, karena semangkuk asparagus terdapat 262 mcg kandungan asam folat.
  3. Jagung
    Jenis sayuran ini juga memiliki kandungan asam folat, dalam satu cangkir jagung rebus terdapat 26 mcg asam folat/
  4. Kentang
    Di dalam kentang sendiri memiliki 30 mcg kandungan asam folat. Namun untuk kentang, Anda harus benar-benar memperhatikan dalam cara mengolahnya, kurangi asupan minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

Selain buah dan sayur, Anda juga bisa mendapatkan asupan asam folat dari jenis makanan lainnya, seperti:

  1. Roti dan Sereal
  2. Biji Bunga Matahari
  3. Hati sapi

Related Posts

Share This