Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Ketika usia kehamilan menginjak trimester 3, maka posisi rahim Anda sudah setinggi tilang dada, dan jika di tambah dengan ukuran janin yang ada di dalam kandungan maka ukurannya akan semakin besar. Dan itu mengakibatkan keadaan paru-paru serta diafragma menjadi semakin terdesak, sehingga bisa memicu Anda menjadi sesak nafas pada ibu hamil dan gampang merasa lelah. Jika seperti itu, bagaimana cara mengatasinya?

Sesak nafas pada ibu hamil akan dirasakan semakin parah ketika Anda berjalan, naik turun tangga, atau bahkan berjalan sambil menenteng beban. Dan kondisi seperti ini bisa membuat ibu hamil menjadi begadang satu malam suntuk dikarenakan keadaan mata yang sulit untuk di pejamkan. Penyebab sesak nafas pada ibu hamil bukan hanya karena adanya desakan rahim yang semakin membesar, namun keadaan ini juga di picu karena adanya pembesaran pembuluh darah pada bagian saluran pernapasan yang diakibatkan berlimpahnya produksi sejumlah hormon kehamilan.

Sesak nafas akan semakin menjadi ketika janin yang ada di dalam kandungan menggeliat atau bahkan meregangkan tubuhnya. Hal itu di lakukan karena keadaan janin yang semakin hari semakin membesar, dan merasa kalau kantung ketuban yang memiliki fungsi sebagai rumahnya terasa semakin hari semakin menyempit. Dan itulah salah satu penyebab sesak nafas pada ibu hamil.

Bagi Anda yang memiliki keadaan tubuh relative kecil dan keadaan janin yang tidak terlampau besar, maka kemungkinan mengalami sesak nafas saat hamil juga lebih kecil. Bahkan ia bisa saja sama sekali tidak akan pernah mengalami sesak nafas selama kehamilannya karena keadaan seperti itu. Namun sebaliknya, bagi ibu hamil yang memiliki bobot tubuh yang besar dan kondisi janin yang ada di dalam kandungan juga besar, maka bisa di pastikan ia akan mengalami gangguan pernapasan selama kehamilannya. Hal ini dikarenakan keadaan janin yang sudah besar dan siap untuk di lahirkan.

Dan jika sesak nafas yang di alami oleh ibu hamil semakin hari semakin serius, maka di pastikan Anda akan mengalami gejala napas yang tersenggal-senggal, bibir serta ujung jari yang berwarna kebiruan. Bahkan kerap pula dibarengi dengan gejala lainnya, yaitu perasaan nyeri pada bagian dada juga jantung yang berdebar. Jika seperti itu, bagaimana cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil?

Solusi yang tepat guna mengatasi masalah ini yaitu Anda harus rajin berolahraga. Pastinya olahraga yang ringan yang cocok dilakukan oleh ibu hamil, misalkan jalan kaki atau bahkan berenang. Dan efeknya akan semakin baik jika Anda sudah mulai terbiasa untuk berolahraga sejak sebelum Anda mendapatkan kehamilan.

Olahraga yang teratur bisa membuat keadaan otot jantung lebih terlatif guna memompa darah dengan sangat cepat. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan masalah jika memang harus beraktifitas selama kehamilan Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517