Serunya Merawat Bayi Kembar

Merawat bayi kembar merupakan satu hal yang sangat hebat juga menakjubkan untuk di lakukan. Dimulai dalam mempersiapkan mental Anda, tenaga bahkan finansial yang jumlahnya cukup banyak. Merawat bayi kembar bukanlah satu hal yang sulit, karena ketika Anda mengetahui caranya yang tepat, maka merawat bayi kembar bisa menjadikan momen yang paling membahagiakan.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara merawat bayi kembar yang memang harus dan wajib Anda ketahui. Yaitu sebagai berikut:

Sejak dini

Jika Anda telah mentehaui bahwa janin yang Anda kandung merupakan janin atau bayi kembar, maka sebaiknya Anda juga suami mulai merancang juga merencanakan segala hal dengan ebgitu cermat. Dan yang pastinya satu hal yang harus Anda ingat, yaitu adanya tambahan pengeluaran, baik untuk biaya persalinan atau bahkan dalam rangka mempersiapkan perlengkapan si kecil. Bukan hanya itu, di masa ini juga sebaiknya Anda dan pasangan mulai berkomitmen dalam membagi tugas, dan untuk mempermudah dalam merawat bayi kembar, maka Anda bisa merawatnya secara bergantian. Misalkan jika si kaka sedang Anda mandikan, maka biarkan si adik bersama ayahnya bermain.

Tak harus sama

Idelanya, si kembar memang Anda perlakukan secara bersamaan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda memperlakukan si kembar secara bergantian, hal ini bertujuan agar tidak merepotkan Anda. Karena ketika Anda diharuskan untuk merawat si kecil secara bersamaan, kemungkinan besar Anda akan menjadi repot jika memang tidak ada orang yang membantu Anda. Bukan hanya itu, jika di lihat secara psikologi, sebaiknya si kecil di kenalkan dengan kegiatannya sendiri-sendiri. Karena dengan begitu mereka akan mandiri, karena mereka tidak harus melakukan hal secara bersamaan.

Memandikan

Ketika si kembar sudah berusia di atas 6 bulan, maka Anda bisa memandikan si kembar secara bersamaan, dan itu akan menjadi satu kegiatan yang menyenangkan bagi Anda juga bagi si kembar. Hanya saja, ketika usia si kecil masih 0-6 bulan, sebaiknya si kecil di mandikan secara bergantian. Ketika Anda memandikan si kaka, maka si adi bisa Anda titipkan kepada suami atau bahkan pengasuh.

Memakaikan baju

Setelah si kembar selesai di mandikan, Anda harus memakaikan baju sampai tuntas. Walaupun kembar, namun tidak segala hal juga harus kembar, bukan? Satu hal yang harus Anda ingat, bahwa mereka merupakan individu yang berbeda. Jadi sebaiknya Anda memilih baju yang berbeda untuk si kembar. Hal ini selain untuk memudahkan mengenal si kembar, juga membiasakan diri mereka untuk berbeda.

Menyusui

Usahakan Anda untuk memberikan ASI eksklusif kepada si kecil, minimal sampai usianya 6 bulan. Karena dengan adanya manajemen laktasi yang baik, ASI yang Anda produksi pastinya cukup untuk diberikan kepada si kembar. Ketika menyusui, Anda bisa menyusui si kembar sekaligus atau bahkan bergantian. Jika memang perlu, Anda bisa menyiapkan ASI perah yang memang bisa Anda berikan kepada salah satu bayi Anda oleh suami atau bahkan pengasuh, sementara itu Anda menyusui bayi yang lainnya.

Memberi makan

Ketika usia si kecil mulai memasuki usia 6 bulan, maka pada saat itu si kecil mulai harus di kenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Untuk urusan memberikan makan, maka sebaiknya Anda memberikan makan si kecil secara bersamaan, dengan cara menyimpan si kecil di kursi yang khusus di peruntukkan bagi bayi, setelah itu siapkan makanan di piring masing-masing.

Pakai stroller saja!

Stroller merupakan satu peralatan atau perlengkapan yang bisa membantu Anda. Karena ketika Anda akan pergi keluar rumah, menggendong kedua bayi bukanlah satu solusi yang baik. Ketika itu, maka Anda bisa menggunakan stroller, agar bisa memudahkan Anda dalam membawa mereka kemanapun.

Nah, kunci utama dalam keberhasilan merawat si kembar yaitu bagaimana kita jitu dan lihai dalam mengatur waktu. Jangan sampai Anda merasa kerepotan sendiri. Atur waktu sebaik mungkin, agar si kembar bisa terkontrol dengan baik.

Related Posts

Share This