Sering Nyeri Sendi? Inilah Penyebabnya

Nyeri sendi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan nyeri sendi bisa terjadi tanpa diduga dan kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan pada waktu beraktivitas. Biasanya orang yang super sibuk dengan berbagai aktivitas sangat rentan mengalami nyeri sendi.Namun menurut hasil riset ternyata nyeri pada sendi tidak hanya dipicu oleh aktivitas berat saja, tetapi ada berbagai hal yang turut mempengaruhi nyeri pada persendian.

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri pada bagian sendi sebaiknya mengetahui faktor pemicunya sehingga bisa mencegah dan mengatasinya dengan mudah. Jangan mengabaikan rasa nyeri pada bagian sendi sebab bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Persendian membutuhkan pelumas yang diperoleh dari makanan yang bergizi.

Lalu Apa Penyebab Nyeri Pada Persendian? Berikut Jawabannya!

  1. Kurang Asupan Kalsium

Salah satu penyebab nyeri sendi yaitu akibat asupan kalsium yang sangat minim. Rasa sakit pada persendian akibat kekurangan kalsium sangat erat kaitannya dengan penyakit tulang yaitu osteoporosis. Biasanya hal ini rentan terjadi pada wanita menopause dan orang lanjut usia. Salah satu solusi terbaiknya dengan mencukupi asupan kalsium dengan konsumsi makanan seperti susu, buah-buahan dan juga sayuran.

  1. Jarang Berolahraga

Jarang berolahraga akan membuat sendi kerap kali terasa nyeri. Hal ini karena aktivitas sendi terlalu pasif hanya digunakan untuk beraktivitas seperlunya saja. Olahraga secara rutin memang sangat penting untuk dilakukan dalam keseharian guna menjaga kesehatan dan kinerja dari organ-organ tubuh. Jangan pernah menyepelekan manfaat olahraga untuk kesehatan sebab manfaatnya sangat luar biasa.

  1. Tidak Memperhatikan Berat Badan

Berat badan yang berlebih atau obesitas bisa menjadi salah satu pemicu nyeri sendi. Terutama hal ini terjadi pada bagian lutut yang menjadi penopang tubuh. Sebaiknya jangan membiarkan berat badan mengalami kenaikan secara drastis. Kontrol berat badan ideal dengan menerapkan pola hidup sehat.

  1. Kurang Asupan Vitamin D

Vitamin D dan kalsium saling membutuhkan. Jika asupan vitamin D kurang maka penyerapan kalsium tidak akan berjalan dengan baik. Kebutuhan vitamin D memang sangat penting untuk tubuh untuk kesehatan sendi. Penuhi asupan vitamin D guna mengoptimalkan penyerapan kalsium kedalam tulang dan persendian supaya terhindar dari masalah kesehatan yang sangat berisiko.

  1. Pola Hidup Tidak Sehat

Perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang tidak sehat bisa menyebabkan sendi mengalami masalah yang sangat menyiksa. Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, bersoda dan mengandung kadar gula tinggi bisa mengikis kesehatan sendi secara perlahan. Mulailah untuk meninggalkan kebiasaan buruk. Mulailah hidup sehat.

Itulah beberapa penyebab nyeri sendi yang harus Anda ketahui sehingga bisa dihindari sedini mungkin sebelum akhirnya terjadi keluhan yang lebih berbahaya bagi kesehatan Anda di masa kini dan juga masa mendatang. Sangat mudah untuk berperilaku hidup sehat, hanya saja kesadaran dari banyak orang yang masih sangat rendah akan hal tersebut.

Konsumsi makanan yang bergizi, rutin bergerak atau olahraga dan hindari kebiasaan buruk akan membuat kehidupan Anda lebih bahagia. Jangan menuruti kata malas jika ingin hidup selalu sehat dan bahagia. Jika tidak dimulai saat ini, lalu kapan? Jika bukan kita sendiri yang melakukannya, lalu siapa lagi? Kesehatan diri sendiri adalah tanggung jawab kita sendiri. Jangan sampai rasa sakit yang menyadarkan kita bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kita semua dalam memulai hidup yang sehat dan lebih baik lagi.

Related Posts

Share This