Sering Kewalahan Dengan Kebiasaan Bayi Begadang? Inilah Tips Untuk Mengatasinya

Kebiasan bayi begadang atau sulit tidur pada malam hari merupakan salah satu permasalahan yang tidak boleh disepelekan. Hal ini karena kualitas tidur akan berpengaruh terhadap proses tumbuh kembangnya. Perlu Anda ketahui bahwa proses pertumbuhan dan perkembangan lebih banyak terjadi pada waktu tidur sehingga tidur yang berkualitas sangat penting.

Lamanya waktu tidur bayi tergantung pada usianya yaitu bayi yang baru lahir hingga 1 bulan membutuhkan waktu tidur sekitar 14 – 18 jam per harinya. Untuk bayi yang berusia 1 bulan hingga 18 bulan membutuhkan waktu tidur sekitar 12 – 14 jam per hari. Kondisi ini tentunya sangat berbeda dengan waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

Terkadang orangtua direpotkan dengan pola tidur bayi yang tidak teratur dan selalu terjaga hingga larut malam. Bahkan kondisi seperti ini bisa menjadi salah satu pemicu stres pada orangtua sebab tidak memiliki waktu istirahat yang cukup setiap malamnya. Disamping itu, kebiasaan sulit tidur pada bayi di malam hari juga dikhawatirkan bisa memberikan dampak buruk terhadap proses tumbuh kembangya.

Beberapa Faktor Penyebab Bayi Memiliki Kebiasaan Begadang

  • Salah satu penyebab bayi kerap begadang pada malam hari yaitu waktu tidur yang nanggung. Dalam hal ini maksudnya adalah waktu tidur bayi terlalu awal atau terlalu sore sehingga memungkinkan terbangun di malam hari.
  • Waktu tidur siang yang terlalu lama sehingga pada malam hari bayi akan terbangun dan sulit untuk kembali tidur nyenyak.
  • Bayi yang memanipulasi keadaan atau sekedar hanya ingin mendapatkan perhatian orangtuanya sehingga tetap terjaga pada malam hari.
  • Bayi merasa masih ingin berinteraksi dengan Anda sebagai orangtuanya. Biasanya hal ini cenderung terjadi pada bayi yang jarang di asuh oleh orangtuanya akibat banyak kesibukan di luar rumah.
Inilah Cara Untuk Mengatasi Kebiasaan Bayi Yang Kerap Begadang

Buatlah Jadwal Harian

Supaya bayi tidak terus-terusan terjaga pada malam hari maka sebaiknya Anda membuat jadwal bermain dan tidur untuk si kecil. Dengan begitu maka secara perlahan Anda bisa mengetahui pola tidur si kecil. Akan tetapi jika si kecil masih tetap terjaga pada amalam hari maka sebaiknya jangan mengajaknya bermain dan cobalah untuk membiarkannya tanpa respon apapun.

Kurangi Waktu Tidur Siang

Jangan memmbiarkan bayi untuk tidur siang terlalu lama. Sesekali cobalah untuk membangunkan bayi sekedar menyusui atau mengajaknya kbermain. Meskipun membutuhkan waktu istirahat yang panjang, namun sebaiknya untuk siang hari Anda memberikan batasan sehingga bisa tidur nyenyak di malam hari.

Kerja Sama

Apabila Anda menggunakan jasa pengasuh maka sebaiknya ajak untuk bekerja sama sehingga bayi bisa beraktivitas lebih banyak si siang hari. Dengan begitu maka akan memicu tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

Related Posts

Share This