Sering Buang Air Kecil Saat Hamil? Ini Dia 4 Cara Efektif Untuk Mengatasinya

Keinginan untuk buang air kecil ketika bunda tengah hamil memiliki tingkat frekuensi yang jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan keadaan yang normal. Sering buang air kecil saat hamil akan terjadi ketika ibu hamil mengalami kesulitan dalam mengontrol kantung kemihnya, sehingga jika seoarng bumil melakukan perjalanan jauh, maka seringkali bumil mendapatkan ketidaknyamanan dalam mengontrol keinginannya untuk buang air kecil. Bahkan ada diantaranya beberapa kasus, misalkan seperti saat bersin, tertawa, serta batuk yang kerap membuat bumil ngompol di celana. Dan keadaan seperti ini kerap membuat bumil merasa gelisah, dan bertanya-tanya, apakah keadaan seperti ini normal selama masa kehamilan? Jika benar, bagaimana solusi yang tepat dalam mengontrol sering buang air kecil saat hamil muda?

sering buang air kecil saat hamil

Berikut ini ada beberapa cara serta tips yang bisa bunda lakukan guna mengontrol sering buang air kecil saat hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Lakukan aktivitas fisik sesuai kondisi

Kenapa sering buang air kecil? Karena seoarng ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda jika di bandingkan dengan orang biasanya, sehingga dalam menjaga kesehatan bumil melalui aktivitas fisik yang bumil lakukan, sebaiknya bumil mengkonsultasikannya kepada bidan atau dokter sesuai dengan usia kandungan juga kondisi kesehatan bunda. Dengan bunda mengatur berat badan yang disesuaikan dengan usia kehamilan, maka hal ini akan membuat keseimbangan dalam tekanan kandung kemih selama masa kehamilan.

  1. Latihan Kegel

Ketika hal tersebut terjadi, mka bunda bisa mengikuti kelas untuk latihan kegel selama masa kehamilan, dan hal ini kerap di rekomendasikan oleh para ahli kesehatan. Dengan melalui latihan kegel ini, bunda bisa mengontrol keinginan untuk buang air kecil semasa kehamilan.

  1. Silangkan kaki anda

Apabila bunda sedang berada dalam kondisi bersin, batuk atau bahkan dalam keadaan tertawa, dan bunda tidak bisa mengontrol keinginan untuk buang air kecil, maka sebaiknya bunda melakukan posisi menyilangkan kaki guna mencegah terjadinya ngompol, baik ketika posisi bunda duduk ataupun ketika posisi bunda berdiri. Dan hal ini hanya bisa bunda lakukan sekali ketika bunda kesulitan untuk mencari toilet.

  1. Melakukan kebiasaan minum delapan gelas setiap hari

Bunda bisa melakukan kebiasaan untuk minum 8 gelas setiap harinya, walaupun terdengar akan berimbas pada frekuensi buang air kecil bunda yang selalu sering, namun pada kenyataannya hal ini mampu mengurangi keinginan untuk buang air kecil. Selain itu, bunda juga harus menghindari beberapa makanan seperti makanan ringan, minuman yang mengandung soda, dan beberapa hal lainnya yang bisa memicu keinginan untuk buang air kecil.

Related Posts

Share This