Seputar Penyakit Campak Pada Anak

Secara umum penyakit pada anak bermacam-macam, baik itu yang bersifat ringan ataupun sebaliknya. Salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus yaitu campak. Jenis penyakit ini sangat rentan menyerang anak-anak usia dini akibat sistem imun yang belum sepenuhnya bekerja dengan baik dalam menangkal virus.

Penyakit campak pada anak menimbulkan ruam di seluruh bagian tubuh. Jenis penyakit ini sangat menular. Campak sebaiknya segera ditangani karena bisa mengakibatkan komplikasi yang lebih parah. Biasanya gejala campak akan muncul sekitar satu atau dua minggu setelah virus tersebut menginfeksi dan masuk ke dalam tubuh.

Penyakit campak tidak bisa dianggap sepele karena jenis penyakit ini bisa menimbulkan rasa sakit. Bahkan pada beberapa kasus, campak merupakan salah satu penyebab kematian anak. campak sangat rentan menyerang anak usia satu atau dua tahun.

Penyakit campak ditandai dengan ruam merah pada kulit. Ruam tersebut secara perlahan akan menyebar ke seluruh tubuh. Selain itu, gejala lain yang menyertai diantaranya batuk kering, flu, demam tinggi, terjadi peradangan pada mata dan munculnya bercak-bercak putih pada bagian mulut.

Virus campak bisa dengan mudah menular melalui percikan air liur, melalui udara dan mulut dari penderita. Terlebih lagi jika sering berinteraksi dengan penderita maka sangat rentan tertular oleh penyakit tersebut.

Pada dasarnya campak bisa sembuh dan menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusu dari medis. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika si kecil terkena campak yaitu dengan memberikan asupan cairan yang banyak dan juga waktu istirahat yang cukup.

Kategori orang yang rentan terkena penyakit campak yaitu penderita penyakit kronis, bayi dibawah usia 1 tahun, sistem kekebalan tubuh rendah dan memiliki riwayat penyakit tertentu. Komplikasi akibat penyakit campak bisa mengakibatkan infeksi otak, infeksi paru-paru, bronkitis dan radang telinga.

Anak-anak yang tidak mendapatkan vaksin MMR pada waktu bayi sangat rentan terkena penyakit tersebut. Vaksin tersebut memiliki manfaat dalam mencegah penyakit campak pada anak. oleh karena itu Anda sebaiknya tidak melewatkan pemberian imunisasi tersebut.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan jika si kecil terkena campak yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk meredakan demam, berikan paracetamol cair/ibuprofen.
  2. Jika si kecil sudah berusia 1 tahun keatas maka Anda bisa memberikan ramuan berupa jus lemon yang dicampur dengan madu.
  3. Memberikan asupan cairan secukupnya untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang akan memperparah campak.
  4. Jika kondisinya semakin parah maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Pada umumnya penyakit campak terjadi sekali seumur hidup, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau penyakit tersebut bisa terjadi secara berulang. Maka dari itu, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan untuk mencegah infeksi dari penyakit tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517