Seputar Kesehatan Rambut Pada Waktu Hamil

Setiap wanita tentunya merasa khawatir dan panik ketika melihat kondisi rambut tiba-tiba rontok. Keadaan seperti  ini bahkan bisa menyebabkan wanita merasa stress karena tidak bisa dipungkiri bahwa rambut rontok berpengaruh terhadap penampilan. Biasanya para wanita akan merasa minder ketika berkumpul atau berhadapan dengan orang lain.

Permasalahan seputar rambut bisa terjadi pada wanita hamil akibat dari adanya perubahan hormonal yang mengakibatkan rambut menjadi kering, kusam dan akhirnya rontok. Kondisi yang lebih parah biasanya terjadi setelah melahirkan. Hal ini karena kadar hormon estrogen akan menurun sebagai akibat dari peningkatan hormon tiroid. Nah, ketika kadar hormon tiroid kembali berkurang maka memicu terjadinya rambut rontok.

Selain faktor hormonal, kejadian rambut rontok juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi. Zat besi dan vitamin berperan penting dalam kesehatan rambut. Dalam hal ini zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan rambut. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan ketika hamil.

Kejadian rambut rontok pada waktu hamil adalah hal yang wajar dan akan kembali normal setelah melahirkan yaitu sekitar 6 bulan setelah melahirkan. Sementara itu, untuk merawat rambut rontok pada waktu hamil bisa menggunakan shampoo yang memiliki kandungan sulfur atau biotin untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, Anda juga bisa memotong rambut dengan ukuran yang lebih pendek sehingga meminimalisir kerontokan.

Untuk merapikan rambut rontok sebaiknya menggunakan sisir yang bergigi jarang sehingga rambut tidak akan tercabut dan kusut. Lakukanlah perawatan rambut seperti crembath tanpa steam atau hair spa dengan menggunakan perawatan yang natural. Hindari produk perawatan yang menggunakan bahan kimia karena bisa membahyakan kesehatan janin.

Merawat rambut rontok juga bisa dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayuran atau buah-buahan yang mengandung flavonoid. Tahukah Anda bahwa flavonoid berguna untuk melindungi kantong rambut dan menstimulus pertumbuhan rambut. Buah-buahan yang mengandung flavonoid diantaranya yaitu apel dan stroberi. Apel adalah salah satu buah dengan kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Lengkapi juga kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks dan seng (zinc).

Apabila Anda ingin menggunakan hairdryer sebaiknya menggunakan suhu dingin karena suhu panas bisa membahayakan kantung rambut sehingga merusak akar rambut. Jika Anda mengalami kerontokan yang parah pada waktu hamil dan setelah persalinan maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasi hal tersebut.

Ibu hamil tidak perlu khawatir dengan kebotakan yang permanen karena rambut rontok akan kembali normal beberapa minggu setelah melahirkan seiring dengan kembali seimbangnya hormone di dalam tubuh. Pada dasarnya rambut rontok pada ibu hamil bukanlah kejadian rambut rontok yang permanen, akan tetapi akibat dari adanya perubahan hormonal selama masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517