Seputar Kehamilan: Tips Mengemudi Bagi Ibu Hamil

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kini urusan mengemudi kendaraan tidak hanya dilakukan oleh kaum pria saja. Akan tetapi banyak wanita yang sudah mahir mengendarai mobil ataupun motor. Mengendarai kendaraan pribadi tentunya dinilai lebih nyaman dan efektif untuk mencapai tempat tujuan. Nah, terkait seputar kehamilan, apakah aman mengemudi bagi ibu hamil?

Mengemudi kendaraan bagi wanita memang bukan hal yang dilarang, namun lain cerita jika dilakukan oleh ibu hamil. Terlebih lagi jika usia kehamilan sudah menginjak trimester dua atau bahkan trimester ketiga yang rentan terjadi kontraksi jika ada guncangan. Disamping itu, duduk berlama-lama akan menambah resiko terjadinya keluhan pada ibu hamil.

Dalam menjalani masa kehamilan, ada dua fase rawan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil yaitu pada usia kehamilan tahap awal dan trismester akhir. Kondisi janin pada tahap awal kehamilan memang belum begitu kuat sehingga rentan terjadi keguguran akibat kontraksi. Sedangkan pada tahap akhir sangat dikhawatirkan pecahnya air ketuban jika ada guncangan dari luar.

Bagi ibu hamil yang mengalami perubahan kondisi psikis seperti stres, perubahan emosional dan mood sebaiknya menghindari mengemudi kendaraan sebab hal ini sangat beresiko terjadinya kontraksi sehingga beresiko terjadi kejang-kejang.

Mengemludi pada waktu hamil tidak sepenuhnya dilarang, akan tetapi yang perlu diperhatikan dalam hal ini yaitu harus mempertimbangkan kondisi fisik dan psikis sehingga tidak akan membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin. Alangkah lebih baiknya jika Anda yang ingin bepergian saat hamil untuk menggunakan supir.

Pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan pada tahap awal kehamilan yaitu gejala morning sickness yang menyebabkan mual ataupun pusing. Kondisi ini tentunya sangat beresiko jika mengemudi kendaraan sendirian. Terlebih lagi jika jarak tempuh perjalanan terbilang cukup jauh. Resiko paling berbahaya yaitu ketika kehamilan tahap akhir dikhawatirkan terjadi kontraksi sebelum waktunya akibat guncangan saat berkendara.

Tips Aman Ibu Hamil Menyetir Mobil

  1. Hindari stres dan kelelahan saat diperjalanan sebab bisa mengganggu fokus berkendara.
  2. Jangan menyelipkan bantal pada bagian perut. Dalam hal ini Anda cukup menggunakan sabuk pengaman saja.
  3. Hindari posisi kaki yang menggantung sebab akan menyebabkan otot perut tertarik dan beresiko terjadi kontraksi.
  4. Gunakan sabuk pengaman yang memiliki tiga titik sehingga akan menyesuaikan dengan gerakan tubuh saat mengemudi.
  5. Jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi dan hindari jalan terjal serta berlubang untuk meminimalisir terjdinya guncangan.
  6. Pertimbangkan jarak saat mengemudi, jika terlalu jauh maka sebaiknya jangan mengemudi sendiri. Gunakanlah jasa supir untuk mengantar Anda ke tempat tujuan.

Itulah seputar kehamilan yang berkaitan dengan mengemudi bagi ibu hamil. Untuk mencegah terjadinya resiko terhadap kehamilan, alangkah lebih baiknya jika aktivitas mengemudi dihindari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517