Seputar Kehamilan: Apakah Ambeien Bisa Melahirkan Normal?

Melahirkan merupakan kodrat wanita dan tentunya setiap wanita menginginkan proses melahirkan berjalan lancar tanpa  ada gangguan. Namun, kita sebagai manusia tidak bisa berbuat apa-apa ketika Tuhan berkendak lain dari keinginan kita.

Tidak semua wanita bisa melahirkan secara normal. Terkadang ada saja kendala yang harus dihadapi pada waktu menghadapi proses melahirkan. Salah satunya akibat adanya gangguan kesehatan yang mempengaruhi kelancaran proses melahirkan.

Salah satu gangguan kesehatan yang dikhawatirkan akan mempengaruhi proses melahirkan yaitu wasir atau ambeien. Gangguan kesehatan yang satu ini tentunya bisa mempengaruhi kondisi ibu hamil dan rentan menyebabkan komplikasi.

Banyak ibu hamil yang merasa sangat khawatir akan hal tersebut. Terlebih lagi jika ambeien yang di derita terbilang cukup parah. Bahkan sebagian ibu hamil bertanya-tanya apakah ambeien bisa melahirkan normal?

Hal ini seringkali menjadi sebuah kekhawatiran yang justru berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ibu hamil. Kondisi ambeien pada ibu hamil sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Dalam hal ini yang perlu dilakukan yaitu berusaha untuk menanganinya dengan benar.

Penanganan yang tepat tentunya tidak akan berdampak lebih jauh terhadap kesehatan ibu hamil dan tidak akan mengganggu proses persalinan secara normal. Ambeien pada ibu hamil sebaiknya segera mendapat penangan dokter dan jangan diabaikan.

Dalam hal ini wasir atau ambeien merupakan peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena pada bagian rectum atau anus. Biasanya ditandai dengan perasaan nyeri dan adanya benjolan. Benjolan tersebut ada yang haemorrhoid internal dan eksternal.

Untuk haemorrhoid eksternal biasanya muncul dibagian luar dan bisa terlihat dengan jelas. Keluhan yang dirasakan yaitu nyeri dan adanya iritasi serta pembengkakan. Seringkali gejala yang dirasakan yaitu gatal.

Sedangkan untuk jenis haemorrhoid internal biasanya muncul dibagian dalam dari rectum. Tidak ada gejala nyeri. Hanya saja timbul pendarahan dan terjadi iritasi. Pendarahan tersebut bersifat menetes.

Jika dikaji lebih jauh lagi, haemorrhoid internal dikelompokan kedalam beberapa tingkatan yaitu sebagai berikut:

  1. Grade I : Wasir pada umunya tidak keluar dari rectum.
  2. Grade II : Biasanya wasir atau ambeien keluar dari rectum pada waktu mengedan, akan tetapi hal ini bisa kembali pada kondisi awal secara spontan.
  3. Grade III : Ambeien atau wasir keluar dari rectum, namun tidak akan bisa kembali lagi secara spontan. Dalam hal ini membutuhkan dorongan untuk mengembalikan pada kondisi semula.
  4. Grade IV : Wasir atau ambeien keluar dari rectum dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Jika pada waktu hamil mengalami kondisi wasir atau ambeien dengan tingkatan yang telah terperinci diatas maka sebaiknya lakukan penanganan dengan baik. Sebenarnya wasir atau ambeien tidak memerlukan penanganan dengan cara operasi.

Dalam hal ini ambeien bisa ditangani secara alami dengan memperhatikan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai upaya untuk meredakan wasir.

Disamping itu, bagi ibu hamil yang menderita wasir atau ambeien sebaiknya hindari mengangkat beban berat dan perbanyak konsumsi air putih. Konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut supaya tidak mengganggu proses persalinan nantinya.

Apabila kondisi ambeien masih terbilang ringan maka tidak ada masalah untuk melahirkan secara normal sebab tidak akan berpengaruh apa-apa pada proses melahirkan. Hal ini tentunya perlu pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa parah ambeien yang diderita.

Mintalah saran dokter untuk pertimbangan bagi Anda menghadapi persalinan. Pilihlah cara yang aman untuk Anda dan bayi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This