Seperti Apa Penyakit Kuning Pada bayi Baru Lahir?

Satu dari dua bayi yang baru lahir pasti menderita penyakit kuning. Penyakit kuning pada bayi baru lahir disebabkan oleh adanya fungsi hati yang memang masih belum sempurna untuk berjuang guna memproses penghancuran normal sel-sel darah merah, dan hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan bilirubin yang ada di dalam darah yang setelah itu menyebabkan warna kuning pada kulit serta bagian putih mata, hal ini akan terlihat setelah 2 hari dari proses persalinan.

Ketika penyakit kuning pada bayi baru lahir menyerang, setidaknya bayi tidak harus di rawat, terkecuali jika tingkat bilirubin si kecil baik terlalu tinggi. Bukan hanya itu, kuning pada bayi baru lahir juga bisa menyebabkan bayi yang selalu mengantuk juga malas untuk menyusu.

Perlu bunda ketahui, sebenarnya kuning pada bayi bisa bunda atasi dengan cara-cara yang sederhana, seperti:

  1. Ketika bayi mengalami penyakit kuning, maka bunda bisa mencoba untuk terus memberikan ASI selama dua jam sekali. Setelah hati mulai sempurna, maka penyakit kuning ini akan hilang dengan sendirinya, dan sementara waktu si kecil akan membutuhkan cairan. Dan cairan ini bisa diperoleh bayi dari ASI atau air susu ibu.
  2. Ketika penyakit kuning menyerang si kecil, bunda bisa menjemur si kecil setiap paginya. Karena sinar matahri juga bisa membantu menurunkan tingkat bilirubin si kecil. Dengan catatan sinar matahari ataupun cahaya lainnya tidak langsung menyinari bagian mata si kecil.
  3. Selain sinar matahari, ketika kuning pada bayi, maka bunda juga bisa menyimpan si kecil di bawah cahaya, dan hal ini akan membantunya dalam menurunkan tingkat bilirubinnya.
  4. Jika tingkat bilirubin tinggi, maka si kecil akan memperoleh terapi cahaya. Yaitu proses perawatan yang menggunakan sinar ultra violet yang nantinya mampu memecahkan pigmen-pigmen bilirubin pada kulit bayi.
  5. Bunda masih bisa menyusui si kecil walaupun keadaannya masih kuning, terkecuali jika si kecil tidak mampu mencerna laktosa yang ada di dalam susu.

Akan tetapi, jika bayi terlahir dengan penyakit kuning, dan penyakit kuningnya muncul di hari pertama ia lahir, itu artinya si kecil mendapatkan permasalahan pada darah dan membutuhkan perawatan yang serius. Karena jika tingkat bilirubinnya meningkat terlalu tinggi, maka ia akan mengalami kerusakan terhadap otaknya.

Oleh karena itu, jika sakit kuning tidak hilang selama lebih dari tiga hari, maka bunda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa bunda lakukan ketika bayi baru lahir mengalami penyakit kuning. Namun jika penyakit kuning tidak hilang dalam 3 hari, maka sebaiknya bunda konsultasikan hal ini kepada dokter, agar si kecil bisa segera di tangani dengan serius.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517