Seperti Apa Gejala Batu Ginjal Itu?

Gejala batu ginjal. Satu hal yang harus Anda ingat, yaitu jangan pernah menganggap sepele penyakit batu ginjal. Mengapa? Karena untuk saat ini, banyak diantaranya kaum wanita yang memang secara diam-diam menderita batu ginjal.

Batu ginjal sendiri merupakan suatu endapan beberapa jenis bahan kimia yang memang sudah mengeras atau bahkan membeku di dalam ginjal. Dan hal ini dikarenakan adanya kandungan garam yang sangat tinggi serta kandungan protein hewani yang juga di konsumsi dalam jumlah yang berlebih, sehingga mengakibatkan terbentuknya endapan yang terus membeku dan mengeras.

Bukan hanya itu, mengkonsumsi obat-obatan dalam dosis yang tinggi serta di konsumsi secara terus-menerus juga bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Lantas, seperti apa gejala batu ginjal itu sendiri? Dan berikut ini ada beberapa gejala batu ginjal yang memang harus Anda waspadai sejak dini, yaitu sebagai berikut:

1. Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Umumnya gejala ini diakibatkan oleh keadaan batu ginjal yang memang sudah mulai melewati saluran kencing. Maka dari itu, untuk membantu meringankan beban ini, Anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air mineral. Hal ini juga bertujuan untuk membantu batu yang berada di dalam ginjal menjadi menggelontor.

2. Mual

Biasanya perasaan mual juga akan di rasakan, dan hal ini dikarenenakan adanya perasaan yang tidak enak dan tidak nyaman di dalam perut.

3. Darah Pada Urin

Jika Anda melihat keadaan darah atau bahkan urin yang keruh, maka sebaiknya Anda patut untuk mewaspadi kondisi tersebut dan segera memeriksakan diri Anda pada dokter guna memastikan kondisi kesehatan tubuh Anda. Karena bisa jadi kondisi ini merupakan indikasi dari jenis penyakit lain, misalkan seperti terjadinya infeksi pada saluran kencing.

4. Sakit di Bagian Bawah Perut

Jika kondisi urin yang Anda keluarkan keruh bahkan disertai dengan adanya perasaan sakit di bagian bawah perut, maka kemungkinan besar Anda mengalami batu ginjal.

5. Mudah Berkeringat

Munculnya keringat yang berlebihan di bagian ketiak serta wajah bisa saja menjadi gejala awal terjadinya batu ginjal, jelas hal ini tidak boleh Anda sepelkan dan harus segera di atasi dengan baik dan tepat, agar tidak berlangsung parah.

Nah, itu dia tadi beberapa gejala batu ginjal yang memang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik, dan jangan pernah menganggapnya sepele. Karena jika Anda terus-menerus membiarkan kondisi tersebut, disayangkan akan menjadi penyakit yang lebih serius.

Sebenarnya, mengatasi batu ginjal ini bisa Anda lakukan dengan cara yang sangat mudah, jika batu ginjal tersebut masih berukuran sangat kecil, yaitu seukuran kancing atau kelereng. Namun jika ukurannya sudah membesar, maka dibutuhkan cara yang tepat untuk mengatasinya, seperti prosedur operasi. Dan Anda harus berhati-hati dengan kondisi seperti ini, karena jika batu ginjal terjebak di dalam urine, maka bisa menyebabkan infeksi serta merambat pada masalah kesehatan yang lainnya.

Related Posts

Share This