Seperti Apa Demam Berdarah Dengue Itu?

Demam berdarah dengue atau di singkat dengan DBD merupakan salah stau bentuk infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk kedalam tubuh manusia. Dan virus ini banyak di tularkan atau di sebarkan oleh gigitan nyamuk, terutama jenis nyamuk aedes aegypti betina.

Selain itu, demam dengue juga di sebut dengan “breakbone fever” atau “bonebreak fever” atau demam sendi, karena pada kasus ini demam yang dialami oleh pasien juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat di beberapa bagian sendi, seakan-akan mereka merasa tulang mereka akan patah.

Dan untuk gejala dari demam berdarah dengue yaitu demam, munculnya skait di bagian kepala, kulit yang menjadi kemerahan yang tampak seperti campak, bahkan munculnya rasa nyeri di bagian otot juga persendian.

Pada beberapa kasus, demam ini bisa berubah menjadi satu dari dua bentuk yang memang mengancam jiwa. Yang pertama yaitu demam berdarah yang memang menyebabkan pendarahan, kebocoran pada bagian pembuluh darah, serta rendahnya tingkat trombosit darah yang mana menyebabkan darah menjadi membeku. Sedangkan yang kedua yaitu sindrom renjat dengue, yang mana menyebabkan tekanan darah menjadi rendah yang pastinya sangat berbahaya.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ada empat jenis virus dengue. Jika seseorang telah terinveksi satu jenis virus, maka biasanya ia akan menjadi lebih kebal terhadap jenis virus tersebut seumur hidupnya. Akan tetapi, si penderita hanya akan terlindungi dari tiga jenis virus lainnya hanya dalam waktu yang singkat. Dan jika setelah itu ia terkena satu dari tiga jenis virus tersebut, maka kemungkinan besar ia akan mengalami masalah yang jauh lebih serius dari sebelumnya.

Dan sampai saat ini, masih belum ada vaksin yang memang bisa mencegah seseorang terkena penyakit demam berdarah dengue ini. Namun ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan Anda guna mencegah terjadinya penyebaran virus ini, dan Anda bisa melindungi diri Anda dari nyamuk serta meminimalkan jumlah dari gigitan nyamuk tersbut.

Bahkan para ilmuwan juga menganjurkan agar kita bisa memperkecil habitat dari nyamuk yang mampu menyebarkan virus tersebut, serta mengurangi jumlah nyamuk yang saat ini tengah berkembang. Jika seseorang terkena demam dengue, biasanya ia akan pulih hanya dengan mengkonsumsi cukup cairan dalam jumlah yang banyak, selama penyakit yang menyerangnya masih dalam keadaan ringan.

Dan jika seseorang mengalami kasus yang jauh lebih parah, maka mungkin ia akan membutuhkan cairan infus, atau cairan yang dimasukkan melalui vena dengan menggunakan jarum atau pipa infus, atau bahkan ia harus memperoleh tranfusi darah.

Nah, itua dia tadi beberapa hal yang memang berkaitan dengan demam berdarah dengue yang memang harus Anda ketahui dan pahami. Ingat! Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, sebelum semuanya terjadi, sebaiknya Anda bisa mencegah terjadinya penyebaran virus dengue.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517