Seni Menggendong Bayi Dengan Berbagai Macam Variasi

Mungkin Anda tidak menyadari kalau bayi memiliki posisi pavorit ketika digendong. Bayi akan merasa nyaman ketika digendong dengan posisi tertentu sehingga ketika ada orang yang menggendongnya dengan cara yang berbeda maka bayi akan merasa tidak nyaman dan menangis. Selain cara menggendong, kenyamanan bayi selama dogendong dipengaruhi oleh alat gendong. Alat gendong selempang merupakan salah satu alat yang dinilai cukup efektif untuk menggendong bayi. Selain lebih praktis, alat gendong jenis ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bayi.

Sebagian orangtua pada awal-awal akan merasa tidak nyaman ketika menggendong bayi. Hal ini karena belum terbiasa dengan posisi bayi yang menempel di badan. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis akan mengulas dan memberikan informasi mengenai seni dan langkah-langkah dalam menggendong bayi dengan cara yang baik dan benar.

Menggendong Bayi

Menggendong bayi menggunakan kain yang berbentuk selempang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggendong bayi yaitu memilih kain atau jenis gendongan. Disarankan untuk menggunakan kain selempangan yang benar-benar aman bagi bayi dan nyaman bagi ibu ketika menggendong. Anda bisa memilih dan menyesuaikan ukuran kain selempang supaya lebih mudah untuk menggendong bayi.

Menggendong bayi dengan teknik buaian

Menggendong bayi seperti dalam buaian sangat bermanfaat bagi bayi yang baru lahir sampai berusia dua tahun. Variasai dalam gendongan jenis ini yaitu pada bulan pertama tempatkanlah kepala bayi sedemikian rupa sehingga bayi benar-benar merasa nyaman. Sebagian bayi mungkin lebih menyukai posisi yang lebih tinggi dalam selempang gendongan. Selain itu, sebagian bayi lebih menyukai posisi dirangkul menghadap tubuh sang ibu seperti posisi sedang disusui.

Menggendong bayi dengan posisi meringkuk

Teknik menggendong seperti ini sangat bermanfaat bagi bayi yang baru lahir sampai usia enam bulan. Supaya bayi merasa lebih nyaman ketika digendong pada bulan-bulan pertama sebaiknya gunakan posisi menggendong dengan selempang terbalik.Gunakan bantalan bahu sebagai penahan tambahan untuk kepala dan punggung bayi. Ketika bayi sudah tumbuh semakin besar maka bayi akan membutuhkan tempat yang lebih luas. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda mengubah posisi selempang ke bentuk awal dengan bagian bantalan terletak di bahu Anda.

Menggendong bayi menggunakan model kangguru

Ketika bayi berusia tiga tau enam bulan sebaiknya Anda mencoba menggendong bayi dengan model kangguru. Posisi ini lebih disukai oleh bayi sehingga bayi akan merasa nyaman ketika digendong. Model gendongan dengan posisi ini biasanya disukai oleh bayi-bayi yang lebih aktif bergerak. bayi yang berusia 6 bulan biasanya lebih menyukai digendong dengan posisi ini. Untuk menggendong bayi dengan posisi ini Anda bisa menggunakan kain selempang.

Menggendong bayi dengan posisi kaki mengangkang

Bayi yang sudah berusia empat bulan atau enam bulan akan lebih menyukai posisi gendongan pada bagian pinggang. Posisi menggendong dengan kaki bayi mengangkang akan memudahkan bayi untuk berganti posisi. Selain itu, Anda juga akan lebih nyaman dan lebih mudah ketika akan mengganti posisi atau menyusui bayi.

Nah, demikianlah beberapa langkah untuk menggendong bayi yang bisa Anda coba untuk mendapatkan posisi yang nyaman dan aman. Gaya menggendong yang kreatif dan bervariasi akan membuat bayi merasa lebih nyaman sehingga akan berdampak positif bagi perkembangan fisik dan psikis bayi.

Related Posts

Share This