Senam 4 Pekan Untuk Penderita Kanker

Olahraga merupakan salah satu kegiatan sehat untuk penderita kanker. Dengan berolahraga tentunya tubuh akan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga dalam hal ini mampu melawan sel-sel kanker yang semakin ganas. Olahraga juga bisa menghambat timbulnya beberapa kondisi lanjutan dari kanker yang begitu sangat berbahaya.

Dalam hal ini ada program latihan yang disebut dengan istilah senam 4 pekan. Artinya melakukan latihan atau gerakan senam selam 4 pekan secara rutin. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu untuk mengatasi segala permasalahan kanker yang sangat ganas dan berbahaya. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan senam 4 pekan untuk penderita kanker.

Beberapa Gerakan Senam 4 Pekan

Senam 4 pekan ini sangat berguna untuk berbagai jenis kanker yang sangat ganas. Manfaat dan tujuan dari melakukan senam 4 pekan ini adalah untuk menguatkan otot, menjaga fungsi sendi, melemaskan otot dan mencegah nyeri kaku. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi pusing. Beberapa gerakan senam 4 pekan ini sangat mudah untuk dilakukan dan merupakan latihan dasar yang tidak akan memberatkan kondisi tubuh.

Apa saja jenis latihan senam 4 pekan yang sebaiknya dilakukan? Perhatikan berikut ini beberapa gerakan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kanker!

Peregangan

Salah satu jenis latihan yang bisa dilakukan untuk senam 4 pekan yaitu latihan peregangan. Latihan jenis ini untuk mengembalikan dan memulihkan fungsi otot dan bagian persendian setelah proses operasi, terapi radiasi maupun kemoterapi. Peregangan ini sebaiknya dilakukan sebelum melakukan latihan keseimbangan dan penguatan otot. Lakukan gerakan peregangan secara perlahan dan bertahap dengan gerakan-gerakan yang tepat.

Latihan Penguatan Otot

Selanjutnya lakukan latihan penguatan otot untuk menguatkan otot pinggang, punggung dan juga bagian tulang belakang. Latihan otot ini sangat berguna sekali untuk menguatkan dan kembali mempertahankan keseimbangan otot selama pengobatan kanker. Latihan otot ini sangat penting sekali sebab terkadang gangguan kanker ini menyerang bagian persendian.

Baca Juga:  4 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami
Latihan Keseimbangan

Sendi nyeri dan kaku sebaiknya diatasi dengan melakukan latihan keseimbangan. Hal ini dilakukan untuk melenturkan beberapa bagian tubuh yang kaku. Latihan keseimbangan ini selain berguna untuk mengatasi gejala kanker pasca pengobatan, latihan ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Sangat dianjurkan sekali untuk dilakukan oleh semua penderita kanker setelah melakukan pengobatan untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan baik.

Nah, itu beberapa jenis latihan senam 4 pekan yang bisa dilakukan secara bertahap. Dengan melakukan beberapa latihan tersebut maka akan sangat berguna sekali untuk mengatasi dan melenturkan otot-otot tubuh pasca pengobatan. Latihan ini mungkin terlihat sangat sederhana namun dampaknya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh.

Mintalah bimbingan dokter untuk seputar latihan-latihan yang sebaiknya dilakukan pasca pengobatan tersebut. Dengan latihan-latihan ringan ini sangat bermanfaat sekali untuk mengembalikan kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh dengan baik. Semua latihan ini penting sekali untuk dilakukan sehingga memberikan pengaruh positif dalam mempercepat penyembuhan.

Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan menambahkan gerakan sehat seperti jalan santai secara rutin sebab ini sangat bermanfaat sekali untuk menunjang kebugaran tubuh dengan baik. Lakukan secara rutin supaya hasilnya sesuai dengan tujuan dari proses penyembuhan. Ini penting untuk diperhatikan oleh semua penderita kanker yang sedang dalam terapi penyembuhan. Nah, sangat mudah kan untuk melakukan berbagai latihan ini dengan gerakan sederhana? Semoga bermanfaat!

 

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517