Selain Bisa Mendengar, Inilah Fakta Menarik Aktivitas Bayi Dalam Rahim

Bayi dalam rahim yang mana belum di lahirkan ke dunia ini sebenarnya masih di sebut dengan janin, dan ketika mereka di lahirkan barulah mereka bisa disebut dengan bayi. Akan tetapi, walaupun si janin belum lahir, kerap kita memanggilnya bayi. Janin yang ada di dalam kandungan seorang bunda merupakan suatu pribadi yang sangatlah baru, atau bahkan persona yang mana memiliki suatu keunikan serta keajaiban tersendiri yang mereka miliki dalam berbagai hal aktivitas kehidupan di dalam rahim.

Akan sangat menarik ketika kita memperhatikan gerak-gerik atau aktivitas bayi dalam kandungan dengan cara melalui layar monitor ultrasonografi.

Lantas, aktivitas apa saja yang kerap di lakukan oleh anak dalam kandungan? Berikut ini ada beberapa hal yang kerap di lakukan bayi dalam rahim, yaitu sebagai berikut:

  1. Apakah selama dalam kandungan janin sudah bisa mendengar?

Ketika usia kehamilan memasuki usia enam bulan atau 24 minggu, janin sudah mulai bisa mendengar apapun. Lantas, apa yang ia dengar? Ia mendengar segala bentuk aktivitas yang ada di dalam tubuh ibu yang mana menjadi satu irama nada yang indah bagi janin. Sambil berbaring dengan nyaman di dalam rahim, janin akan mendengar detak jantung ibu, suara bisingnya usus yang terus bekerja, serta berbagai macam suara lainnya ketika ia bermain di dalam ketuban.

  1. Kapan Janin suka menghisap dan mencecap rasa

Jika Anda melihat di layar monitor, janin yang memasuki usia 16 minggu, ia sudah mulai melakukan petualangan dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mencecep rasa air ketuban serta mulutnya sudah mulai bisa melakukan gerakan menghisap. Dan kecerdasan awal yang dimiliki oleh janin yaitu dalam menikmati sensasi rasa mulai berkembang dengan sendirinya.

  1. Kapan janin peka terhadap cahaya dari luar?

Ketika usianya 4 bulan, janin sudah mulai peka terhadap cahaya yang di lihatnya. Walaupun suasana di dalam rahim sangatlah gelap, namun janin mampu membedakan terang ketika adanya rangsangan caya dari luar serta cahaya yang ada di dalam tubuh ibu.

  1. Kapan janin bisa bisa menggunakan indra peraba?

Di usia yang masih 4-5 bulan, janin sudah mulai mampu merasakan adanya sensasi terhadap permukaan tubuh juga kulitnya. Jika di sentuh pada bagian bibirnya, janin mampu melakukan beberapa gerakan membuka bibir dan seoalh-olah ia tengah menghisap. Dan jika janin di sentuh pada bagian telapak tangnnya, maika janin akan bereaksi menggenggam.

  1. Apa yang janin lakukan bila mengalami ketegangan atau stres dalam rahim?

Jika seoarng ibu hamil tengah mengalami ketegangan mental serta mengalami tekanan psikologis selama masa kehamilan, maka bisa berpengaruh besar terhadap janin yang ada di dalam kandungan. Janin akan melakukan gerakan yang berlebihan, mudah muncul kram yang mana di sebut dengan kontraksi para rahim. Atau bahkan, hal tersebut juga bisa berpotensi terjadinya persalinan premature atau bahkan ketuban pecah sebelum waktunya tiba.

Related Posts

Share This