Sel Kanker Muncul Karena Makanan yang Dibakar, Benarkah?

Siapa sih yang tidak suka mengkonsumsi jenis makanan yang diolah dengan proses dibakar atau bahkan di panggang? Hampir setiap kalangan menyukai jenis makanan ini, baik tua bahkan kalangan muda. Berbagai jenis makanan jenis barbecue pastinya sangat menggoda selera, akan tetapi ada hal yang memang kerap kali kita lupakan, yaitu warna dari makanan tersebut yang hitam serta berkerak yang diakibatkan oleh api.

Apakah Anda tahu, bahwa hal itu sangat membahayakan kesehatan tubuh kita? Bahkan tidak jarang pula kita mendengar kabar, bahwa jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar mampu menimbulkan sel-sel kanker dalam tubuh, apakah hal tersebut benar?

Nah, ada sebuah kajian yang memang menyebutkan, bahwa ada dua jenis kandungan senyawa yang memang bisa menyebabkan munculnya sel kanker, dan hal tersebut bisa terbentuk selama proses pemanggangan makanan, yaitu  kandungan senyawa hidrokarbon polisiklik aromatic (PAH) dan juga kandungan senyawa amina heterosiklik (HCA).

PAH ini nantinya akan terbentuk dalam asap yang dihasilkan, bahkan akan ditemukan juga pada permukaan daging serta akan sangat sulit untuk di hilangkan, umumnya cara untuk menghilangkan kandungan tersebut yaitu dengan menggunakan alat pengerik, dan hal inilah yang memang sering kita melihatnya.

Sedangkan kandungan HCA sendiri disebabkan oleh dimasukkannya daging pada suhu yang sangat tinggi, dan kandungan HCA ini akan ditemukan pada bagian daging. Bukan hanya itu, kandungan HCA ini juga bisa terbentuk dari akibat adabya penggorengan atau bahkan proses oven juga pemanggangan.

Dan jelas jika Anda salah dalam proses pengolahannya, maka hal tersebut bisa memicu munculnya sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh Anda.

Dan bagi Anda yang memang sangat menyukai makanan barbecue, maka Anda tidak perlu merasa cemas, karena kita masih bisa menyiasatinya dengan cara memasaknya guna meminimalkan resiko munculnya sel kanker dalam tubuh, yaitu sebagia berikut:

  1. Rendam terlebih dahulu bahan atau daging yang akan di gunakan dalam cairan peredam.
  2. Masaklah atau rebuskan daging atau beberapa makanan lainnya sebelum di panggang. Dan hal ini mampu mengurangi kontak secara langsung dengan panas yang tinggi serta mampu menghindari kandungan lemak. Sehingga ketika di bakar, lemak yang menetes akan berkurang yang pastinya akan menimbulkan asap.
  3. Anda dianjurkan untuk terus membolak-balik jenis makanan apa saja yang memang tengah berada di atas panggangan.
  4. Masaklah makanan dengan suhu yang rendah.
  5. Ingat! Anda tidak dianjurkan untuk memanggang secara langsung di atas arang.
  6. Anda juga harus membatasi penggunaan penutu panggangan guna mengurangi proses pemasakan di dalam asap.
  7. Setelah selesai memasak, Anda juga dianjurkan untuk menghilangkan permukaan yang hitam pada bagian daing sebelum Anda mengkonsumsinya.

Nah, maka dari itu, pernyataannya adalah, makanan apapun yang diolah dengan cara di bakar memang bisa menyebabkan kanker, dan itu benar. Maka dari itu, ketika kita akan memanggang makanan, maka kita harus pintar-pintar dalam memilah dan memilih makanan yang memang akan kita konsumsi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517