Sekilas Tentang Vitamin A Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam upaya untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Nah, salah satu vitamin ibu hamil yang penting untuk pertumbuhan janin yaitu vitamin A. Jenis vitamin yang satu ini tidak hanya berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin, akan tetapi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin untuk ibu hamil yang berperan penting sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan sistem imun dan kesehatan indera penglihatan. Secara umum vitamin A terbagi 2 yaitu retinoid dan karotenoid. Retinoid merupakan jenis vitamin A yang berasal dari hewan seperti daging, telur dan susu. Sedangkan karotenoid berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan dan sayuran.

Manfaat vitamin A untuk ibu hamil sangat luar biasa. Diantara manfaat tersebut yaitu untuk menunjang pertumbuhan embrio, menstimulus pertumbuhan hati, ginjal, paru-paru, membantu mengembangkan jantung, pembentukan tulang, sistem saraf, mata dan memperlancar sirkulasi darah.

Bagi ibu hamil yang berusia diatas 19 tahun, membutuhkan asupan vitamin A sekitar 770 mikrogram RAE atau sekitar 2565 IU per harinya. Sedangkan bagi ibu hamil yang masih berusia dibawah 19 tahun maka membutuhkan vitamin A sekitar 750 mg atau 2500 IU.

Ibu menyusui usia 19 tahun keatas membutuhkan asupan vitamin A sekitar 1300 mcg RAE atau 4330 IU. Sedangkan apabila ibu menyusui masih berusia dibawah 19 tahun maka membutuhkan sekitar 1200 mcg RAE atau 4000 IU per harinya.

Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan ibu hamil. Namun Anda harus mengkonsumsi vitamin tersebut dalam dosis yang sesuai karena jika berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Mengkonsumsi vitamin A dalam dosis tinggi dan berlebihan akan mengakibatkan bayi keracunan dan cacat lahir. Terlebih lagi jika usia kehamilan Anda sudah menginjak trimester ketiga. Batas asupan vitamin A yang direkomendasikan yaitu sekitar 3000 mcg RAE atau 10000 IU.

Sumber makanan yang mengandung vitamin A diantaranya yaitu sayuran dan buah-buahan yang berwarna orange seperti wortel, labu kuning, buah melon dan lain sebagainya. Sayuran dan buah-buahan berwarna orange secara umum mengandung betakaroten yang merupakan sumber vitamin A. Disamping itu, vitamin A bisa Anda peroleh dari sumber hewani seperti daging, hati dan susu.

Perlu Anda ketahui bahwa hati hewan merupakan salah satu sumber vitamin A yang paling tinggi. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi hati ayam maupun hati sapi. Namun makanan tersebut harus diolah dengan cara yang benar supaya tidak membahayakan kehamilan.

Demikian ulasan singkat mengenai vitamin A untuk ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mencukupi kebutuhan vitamin A dengan mengkonsumsi bahan alami dan menjauhi konsumsi vitamin A dalam bentuk obat-obatan.

Related Posts

Share This