Sekilas Tentang Penyakit Silent Killer “Asam Urat”

Secara umum asam urat dikenal sebagai penyakit yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat luas. Padahal sebenarnya jika ditinjau lebih jauh lagi, asam urat merupakan salah satu senyawa yang ada didalam tubuh dan semua orang memiliki itu. Pada kondisi yang normal, asam urat tidak membahayakan untuk kesehatan. Hanya saja jika asam urat di dalam tubuh berlebihan (hiperurisemia) atau kadarnya rendah (hipourisemia) di dalam plasma darah maka akan menjadi indikasi timbulnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh manusia.

Gangguan kesehatan asam urat ini timbul akibat adanya penumpukan purin di dalam tubuh yang berasal dari sumber makanan yang dikonsumsi. Zat purin berlebihan yang masuk kedalam tubuh akan menumpuk sehingga tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Ini yang menjadi dasar penyebab timbulnya asam urat di dalam tubuh.

Waspada Timbulnya Penyakit Asam Urat

Purin berlebih yang masuk kedalam tubuh dan akan mengkristal pada bagian persendian sehingga keluhan yang akan dialami oleh orang yang menderita asam urat yaitu ngilu, nyeri, bengkak dan meradang. Kondisi ini tentunya sangat menyiksa sekali dan mungkin akan berkembangan menjadi gangguan kesehatan yang lebih parah.

Zat purin berasal atau terdapat dalam semua jenis makanan termasuk sayur dan buah-buahan. Bagi Anda yang mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sebenarnya tidak begitu aman sebab semua makanan memiliki kandungan purin tersebut. Semua orang berisiko terkena gangguan asam urat jika tidak memiliki pola hidup yang sehat aktif bergerak.

Solusi simpel untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat yaitu dengan memperhatikan atau memberikan kontrol terhadap pola makan sehari-hari. Dengan kata lain harus bisa memilih makanan dengan porsi yang sesuai. Artinya tidak berlebihan atau terus terusan dalam mengkonsumsi suatu makanan. Namun harus bisa menerapkan food combining.

Baca Juga:  Kiat Memilih Buah-buahan Untuk Diet

Meskipun semua orang rentan terkena gangguan asam urat, namun risiko yang paling tinggi terkena asam urat dengan gejala yang lebih berisiko yaitu memasuki usia diatas 40 tahun untuk pria dan juga wanita yang sudah memasuki masa menopause. Akan tetapi di segala usia juga asam urat bisa menyerang jika pola hidup dan pola makan tidak terkontrol dengan baik.

Faktor Risiko Penyakit Asam Urat

Jika penumpukan purin atau asam urat terjadi secara berlebihan didalam tubuh maka hal ini bisa mempengaruhi kinerja dari organ organ penting lainnya. Salah satu organ terdekat yang berisiko terkena risiko asam urat ini adalah ginjal. Penumpukan asam urat terlalu banyak akan menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran ginjal sehingga secara perlahan bisa menimbulkan kerusakan.

Solusi untuk mengatasi dan mencegah kerusakan ginjal akibat penyumbatan asam urat bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih supaya zat-zat purin tersebut bisa dikeluarkan sehingga ginjal berfungsi seperti biasanya.

Waspadai juga risiko asam urat terhadap penyakit jantung coroner. Mengapa bisa membahayakan jantung? Hal ini karena asam urat merusak bagian endotel atau pembuluh darah pada bagian jantung. Jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik maka berisiko terhadap masalah kesehatan yang menyebabkan kerusakan pada jantung. Ini sangat berbahaya sekali dan memerlukan tindakan khusus.

Gangguan kesehatan asam urat memang sangat berisiko terhadap gangguan kesehatan terhadap organ-organ vital. Secara umum solusi untuk mengatasi penumpukan asam urat yang berasal dari zat purin bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan aktivitas gerak seperti olahraga ringan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517