Sekilas Tentang Penyakit Lumpuh Otak (cerebral palsy) Pada Bayi

Lumpuh otak atau cerebral palsy merupakan salah satu gangguan gerakan dan otot akibat dari perkembangan otak yang abnormal atau terjadi cedera pada otak. Lumpuh otak adalah kondisi bawaan lahir yang menyebabkan gangguan kepekaan sehingga melakukan gerakan yang diluar kendali. Penderita cerebral palsy akan mengalami gangguan pada syaraf secara permanen sehingga fungsi motorik otak akan terganggu. Meskipun lumpuh otak jarang sekali terjadi akan tetapi hal ini perlu diwaspadai supaya tidak terjadi pada bayi.

Sekilas Tentang Penyakit Lumpuh Otak (cerebral palsy) Pada Bayi

Cerebral palsy atau lumpuh otak sangat rentan sekali terjadi pada bayi yang lahir prematur. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah pada bayi yang lahir prematur perkembangannya belum sempurna sehingga sangat rentan sekali terjadi pendarahan. Kelumpuhan otak bisa juga disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi ketika bayi dalam kandungan dan akibat dari infeksi bakteri meningitis yang menginfeksi otak. Selain itu, kegagalan fungsi organ bawaan seperti gagal ginjal dan jantung merupakan salah satu penyebaba dari kelumpuhan otak atau cerebral palsy pada bayi.

Cerebral palsy merupakan gangguan fungsi motorik akibat adanya kelainan dan kerusakan otak. Gejala dari cerebral palsy yaitu otot yang terlalu kaku dan lemah, terjadi kesulitan menelan atau makan, mengalami kesulitan dalam berjalan dan berbicara, keterampilan motoriknya terganggu dan lebih suka menggunakan satu sisi dari bagian tubuh ketika bergerak (contohnya menyeret kaki ketika berjalan merangkak).

Mencegah cerebral palsy

Cerebral palsy atau lumpuh otak bisa dicegah ketika bayi masih dalam kandungan dengan rutin melakukan perawatan untuk kehamilan dan rutin melakukan pemeriksaan perkembangan janin. Hindari stres selama hamil dan usahakan untuk selalu rileks. Selain untuk memeriksa perkembangan janin, pemeriksaan juga akan sangat berguna untuk mengetahui kecocokan Rhesus (Rh) darah bayi dengan ibunya. Ketika darah ibu dan bayi tidak cocok maka dokter akan memberikan imunisasi untuk mencegah terjadinya lumpuh otak pada bayi.

Pola hidup sehat ibu hamil selama masa kehamilan akan mencegah bayi terkena gangguan otak tersebut. Hindari kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok atau mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Pola hidup sehat dan supan gizi yang seimbang akan menghindarkan bayi dari kelainan pada otak.

Selain itu, selama masa kehamilan sebaiknya hindari makanan yang bisa memicu infeksi taksoplasmosis akibat infeksi bakteri parasit. Infeksi ini bisa memicu terjadinya kerusakan pada otak bayi. Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah penyakit kuning pada bayi. Ketika penyakit kuning terjadi pada bayi dan tidak segera ditangani sehingga keadaannya menjadi parah maka hal ini akan memicu terjadinya cerebral palsy pada bayi.

Cerebral palsy secara umum memang terjadi akibat kelainan bawaan ketika masih di dalam kandungan, akan tetapi cerebral palsy juga bisa terjadi akibat dari cedera ketika bayi sudah lahir seperti adanya benturan keras di bagian kepala. Untuk menghindari hal tersebut, jaga dan perhatikan setiap tahap perkembangan bayi atau anak Anda.

Related Posts

Share This