Sekilas Tentang Karakter Anak Pertama

Anak pertama atau yang biasa disebut anak sulung merupakan anak tertua karena terlahir lebih awal dibandingkan dengan saudara setelahnya. Namun jika memiliki saudara tiri dengan usia diatasnya maka tidak dikatakan tertua. Biasanya anak sulung menjadi kebanggan keluarga dan memegang peran serta tanggung jawab penting, terlebih lagi jika memiliki saudara dibawahnya. Namun pada kesempatan ini penulis tidak akan membahas mengenai tanggung jawab, melainkan karakter anak pertama.

Ketika memiliki adik maka anak pertama akan mendapatkan pelajaran berharga tentang arti kepemimpinan, pengorbanan dan berbagi. Biasanya si sulung lebih banyak dituntut untuk rela berbagi dan mengalah terhadap adik-adiknya.

Anak pertama memiliki posisi yang unik sebab hanya satu-satunya anak dan kemudian posisinya akan bergeser seiring dengan lahirnya anak kedua. Begitupun dalam hal perhatian yang semulanya utuh akan secara perlahan terbagi dan harus rela berbagi dengan sang adik. Bahkan kondisi itersebut akan mengubah pandangan si sulung terhadap dunia. Apabila memiliki adik setelah berusia diatas 3 tahun maka akan merasakan kebencian disaat ada hal yang dirasa tidak adil dalam keluarga.

Terkadang fenomena yang sering kita jumpai adalah anak sulung memiliki beban tanggung jawab yang berat untuk saudara-saudaranya. Nah, pemikiran ini muncul seiring dengan munculnya logika bahwa anak pertama akan menggantikan posisi orangtua.

Penyerahan tanggung jawab seperti itu sebenarnya tidak ideal sebab akan menjadikan beban bagi anak pertama. Dalam hal ini seharusnya orangtua mampu bertindak bijaksana dan menyerahkan pembagian tugas secara adil dan merata. Jika si sulung tidak memiliki pemikiran positif maka senantiasa dia akan beranggapan bahwa orangtuanya pilih kasih.

Karakteristik anak pertama secara mendasar yaitu lebih dewasa, bijaksana dan memiliki banyak pengetahuan yang jarang diutarakan. Dalam hal ini anak pertama memiliki pola pemikiran yang kritis sehihngga daya analisanya sangat kuat. Anak sulung memiliki pengetahuan di dalam dirinya akan tetapi jarang diutarakan melalui ucapan, terkecuali kepada orang terdekat.

Anak pertama atau anak sulung cenderung jarang berbuat kasar dan tidak usil sebab sifatnya agak serius. Anak sulung memiliki sifat buruk seperti pelit, egois, perhitungan dan pemilih dalam hal urusan jodoh. Pada intinya anak pertama sangat pemilih dalam hal pasangan.

Secara umum anak pertama memiliki sikap bertanggung jawab yang tinggi dan taat terhadap aturan serti memiliki jiwa kepemimpinan yang alamiah. Biasanya anak sulung memiliki bakat untuk menjadi seorang politisi, memiliki cita-cita tinggi dan memiliki target yang terencana dengan baik.

Sifat lain dari anak pertama yaitu kurang sensitif, selalu tepat waktu, kompeten, terorganisir, Susana hatinya gampang berubah, selalu berusaha menyenangkan orang lain dan lain sebagainya. Menurut seorang psikologis menyatakan bahwa anak pertama cenderung memposisikan diri sebagai seorang pemimpin dalam keluarga. Disamping itu, anak pertama juga bisanya memiliki prestasi akademik yang membanggakan.

Kemampuan IQ tersebut didasari untuk menunaikan rasa tanggung jawab terhadap adik-adiknya untuk mengajari sesuatu yang lebih baik dalam hal akademik. Anak pertam memiliki posisi yang terhormat dimata orangtua serta memiliki peran sebagai seorang kakak yang berdisiplin sehingga hal ini yang menjadi dasar si sulung memiliki IQ tinggi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517