Sekilas Tentang Cara Mengobati Masuk Angin Duduk

Anda tahu penyakit angin duduk? Pada dasarnya angin duduk/angina adalah suatu kondisi dimana penderita mengalami nyeri pada bagian dada yang diakibatkan oleh jantung kekurangan pasokan darah. Kondisi ini akan menyebabkan penyempitan/pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini perlu diwaspadai sebab bisa terjadi secara tiba-tiba dan mendadak. Lalu bagaimana cara mengobati masuk angin duduk?

Sebelum mengetahui cara mengobati angin duduk, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui penyebab dan gejalanya terlebih dahulu. Secara umum gejala angin duduk yaitu sesak napas, mual, pusing, keringat berlebih, gelisah dan nyeri pada bagian dada. Jika Anda mengalami kondisi yang tidak biasa dan menunjukan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah serangan angin duduk yang lebih parah.

Angin duduk terjadi akibat terjadi penyempitan pembuluh koroner. Seperti yang kita ketahui bahwa supaya jantung bekerja dengan baik maka membutuhkan supan darah dengan kandungan oksigen yang cukup baik. Nah, jika kondisi tersebut terjadi maka aliran darah yang kaya akan oksigen akan terganggu.

Ada Beberapa Hal Yang Bisa Meningkatkan Resiko Angin Duduk Berkembang Menjadi Lebih Parah, Diantaranya Yaitu Sebagai Berikut:

  1. Penyakit diabetes

Kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah akan mengakibatkan dinding arteri mengalami penyempitan dan bahkan terjadi kerusakan. Disamping itu, hal ini bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

  1. Kolesterol tinggi

Seperti halnya gula darah, tingginya kadar kolesterol juga akan memperparah gejala angin duduk. Sebab aliran darah akan terganggu sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan dengan baik.

  1. Hipertensi

Karena beberapa gangguan pada pembuluh darah, maka bisa menyebabkan kinerja jantung lebih keras sehingga hal ini berpotensi hipertensi. Jika dibiarkan maka kemungkinan dinding arteri rusak dan serangan angin duduk bisa terjadi kapan saja dengan kondisi yang lebih parah.

  1. Obesitas

Kelebihan berat badan bisa memicu berbagai masalah kesehatan yang cukup serius. Obesitas meningkatkan resiko angin dudukĀ  dan kondisinya bisa semakin parah. Bahkan memicu hipertensi dan diabetes.

Angin duduk dengan gejala yang belum parah dan masih dikategorikan ringan bisa diatasi dengan obat-obatan dan menjaga pola hidup sehat. Nah, berikut beberapa cara sederhana untuk mengobati masuk angin duduk!

  • Hindari kebiasaan makan melebihi kebutuhan kalori tubuh harian.
  • Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan serat. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi.
  • Hindari stres.
  • Seimbangkan waktu istirahat dan aktivitas fisik serta biasakan untuk rutin berolahraga.
  • Jika menderita diabetes, biasakan untuk mengontrol kadar gula darah secara rutin.
  • Hindari minuman beralkohol dan rokok.
  • Jangan mengkonsumsi makan berlemak tinggi.

Jika gejala angin duduk semakin parah maka dokter akan memberikan obat khusus untuk menyeimbangkan tekanan darah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah. Jangan sepelekan gejala angin duduk sebab gangguan kesehatan ini bisa terjadi secara mendadak dan bisa berakibat sangat fatal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517