Sekilas Mengenai Program Bayi Tabung yang Wajib Anda Ketahui

Bagi Anda pasangan suami istri yang memang merasa sangat sulit mendapatkan momongan, sebaiknya Anda tidak perlu untuk berkecil hati. Karena metode program bayi tabung untuk saat ini telah menjadi salah satu cara yang bisa Anda tempuh. Namun, bagaimana sebenarnya program bayi tabung itu?

Jika kita lihat secara medis, proses dari program bayi tabung ini disebutd engan In vitro fertilization (IVF). Yaitu sejenis kehamilan yang memang terjadi karena adanya sel telur yang memang pada awalnya di buahi oleh sperma di luar kandungan atau di luar tubuh, yakni dilakukan pada sebuah tabung. Maka dari itu disbeut dengan bayi tabung.

Umumnya, program dari bayi tabung ini akan dilakukan setelah pasangan yang ingiin memiliki momongan terlebih dahulu mengkonsumsi obat-obatan yang telah diberikan dokter. Hal ini dikarenakan tindakan bedah atau dalam kata lain inseminasi buatan tidak mampu mengatasi masalah ketidak suburban seorang wanita.

Untuk metode dari program bayi tabung sendiri dilakukan dengan serangkian prosedur, diantaranya yaitu:

  1. Awal mulanya, dokter akan memberikan rangsangan terhadap tubuh pasien dengan menyuntikan hormon, hal ini bertujuan untuk memproduksi sejumlah sel telur sekaligus.
  2. Kemudian dilakukannya proses pengujian yang dilakukan melalui tes darah atau dalam kata lain ultrasound guna menentukan seberapa siap proses pengambilan sel telur tersebut. Namun sebelum hal tersebut terjadi, pasien wanita juga akan diberikan suntikan yang mana bertujuan untuk membantunya mematangkan bagian sel telur yang akan dikembangkan, dan setelah itu mulailah proses ovulasi.
  3. Bukan hanya prosedur pengambilan sel telur, namun dokter juga akan mencari folikel yang berada di dalam rahim dengan menggunakan metode ultrasound. Kemduian, bagian sel telur akan diambil dengan menggunakan jarum khusus yang memang memiliki bagian rongga. Dan prosedur ini pastinya berlangsung kurang lebih selama 30 menit sampai 1 jam. Ada beberapa diantaranya kaum wanita yang akan diberikan obat pereda rasa nyeri, sebelum dokter melakukan prosedur tersbeut, akan tetapi bisa juga diberikan obat ringan sampai dilakukannya bius total.
  4. Ketika itu, sel telur akan langsung dipertemukan dengan sperma pasangan Anda, yang memang harus di ambil pada hari yang sama dengan proses prosedur tersebut. Dan setelah itu akan di simpan di dalam klinik guna memastikan apakah perkembangan dari bayi tabung itu berjalan maksimal atau tidak.
  5. Setelah embrio hasil dari pembuahan sel telur juga sperma tersebut dianggap telah cukup matang dan baik, maka embrio tersebut akan dimasukkan ke dalam rahim ibu. Ketika itu tim dokter akan memasukkan semacam tabung penyalur yang memang disbeut dengan kateter, cara memasukkannya pun melalui lubang vagina yang kemudian di simpan di dalam rahim. Untuk memperbesar kemungkinan hamil, biasanya prosedur ini akan mentransfer tiga embrios secara bersamaan.
  6. Nah, dua minggu setelah proses tersbeut berlangsung, maka pihak wanita akan diminta untuk melakukan tes kehamilan. Guna mengetahui apakah program tersebut berhasil atau tidak.

Nah, itu dia beberapa hal yang memang berkaitan dengan program bayi tabung yang memang harus Anda ketahui guna menambah informasi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This