Sejuta Manfaat Gula Merah yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat gula merah. Gula merah pada umumnya di kenal sebagai bumbu dapur, agar menambahkan cita rasa dari masakan yang di olah. Gula merah ini memiliki rasa yang khas serta legit yang mana hampir semua orang menyukai rasa dari gula merah ini yang khas ini, bahkan gula merah ini juga telah di jadikan sebagai pemanis alami yang banyak di gunakan dalam berbagai bentuk olahan tradisonal.

Nah, penting untuk Anda ketahui, ternyata manfaat gula merah bukan hanya sebagai pemanis, melainkan bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh kita. Jika seperti itu, apa saja manfaat yang dimiliki dari gula merah? Berikut ulasannya:

1. Mencegah Asma

Gula merah ini ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit asma. Bahkan ada beberapa study yang mana menyebutkan, jika gula merah ini memiliki kandungan nutrisi yang memang secara perlahan mampu mencegah penyakit asma menyerang Anda. Hal ini dikarenakan gula merah ini memiliki sifat sebagai anti alergi.

2. Mencegah Anemia

Jika Anda tidak ingin bermasalah dengan anemia, maka Anda dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi gula merah. Karena gula merah ini bukan hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit asma, melainkan bermanfaat pula dalam mencegah terjadinya anemia. Namun satu hal yang harus Anda ingat, Anda harus memilih gula merah yang memang murni terbuat dari air nira kelapa atau bahkan nira dari pohon aren tanpa campuran bahan lainnya.

3. Meningkatkan Stamina

Nah, bagi Anda yang memang ingin memiliki stamina yang baik setiap harinya, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi gula merah sedikit demi sedikit. Karena nutrisi yang terkandung pada gula merah ini juga diyakini mampu meningkatkan stamina tubuh kita.

4. Meredakan Nyeri Saat Haid

Gula merah juga sangat bermanfaat dalam meredakan rasa nyeri di perut ketika masa menstruasi. Karena dengan Anda mengkonsumsi gula merah dalam jumlah yang cukup, maka rasa nyeri di bagian perut ketika menstruasi akan reda dengan sendirinya tanpa harus Anda mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Bukan hanya itu, nutrisi yang terkandung pada gula merah ini juga bisa membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih bugar, walaupun di hari pertama Anda menstruasi. Anda bisa mengkonsumsi gula merah ini secara langsung atau bahkan di rebus terlebih dahulu yang disertai dengan air kunyit.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Agar sistem pencernaan Anda bisa tetap dalam keadaan sehat juga lancar, maka Anda dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi gula merah. Jika selama ini Anda hanya mengkonsumsi gula pasir, maka inilah saatnya yang tepat untuk Anda beralih pada gula merah. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda akan tetap terjaga dengan baik, dan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang memang dimiliki oleh gula merah untuk menjaga sistem kesehatan tubuh Anda. Dan semoga informasi yang kali ini kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Related Posts

Share This