Sehatkah Bayi Mandi Air Dingin?

Bayi mandi air dingin. Hi bunda, patsinya Anda tidak akan pernah tega ketika Anda harus memandikan si buah hati dengan menggunakan air dingin, bukan? Apalagi jika si kecil masih bayi. Namun, bagi Anda yang memang terbiasa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat, dan ketika itu Anda harus memasak air hangat terlebih dahulu untuk memandikan si kecil, pastinya Anda akan kerepotan sendiri. Apalagi jika di rumah Anda tidak ada shower juga water heater.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ternyata memandikan si kecil dengan mengunakan air dingin memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatannya. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi untuk memasak air panas ketika Anda akan memandikan si kecil. Jika seperti itu, apa saja manfaat bayi mandi air dingin? Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Air dingin ternyatan mampu memaksa si kecil untuk menghasilkan energi yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan air hangat, dan ternyata hal ini justru bisa menghangatkan kondisi tubuh buah hati Anda.
    Maka dari itu, memandikan si kecil dengan menggunakan air dingin jauh lebih baik jika di bandingkan dengan ketika Anda memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Namun jika kondisi suhu sedang ada dalam keadaan yang dingin atau bahkan Anda berada di lingkungan dengan suhu dingin, sebaiknya Anda memandikan si kecil menggunakan air hangat. Kecuali jika sebaliknya, Anda boleh memandikan si kecil dengan menggunakan air dingin.
  2.  Ternyata, ketika si kecil mandi dengan menggunakan air dingin mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang ada di dalam tubuh si kecil. Ketika jumlah sel darah meningkat, maka hal tersebut menandakan sistem imun si kecil semakin kuat, sheingga kondisi tubuh si kecil mampu melawan kuman yang bisa menyebabkan penyakit muncul.

Para ahli kesehatan anak juga mengungkapkan, bahwa Anda sebagia ibu boleh memandikan si kecil dengan menggunakan air dingin, dimulai dari usia bayi menginjak usia 2-4 bulan. Namun jika si kecil terlahir prematur, maka sangat tidak dianjurkan untuk dimandikan dengan menggunakan air dingin di usia 2 bulannya, karena bayi prematur memiliki kondisi kulit yang jauh lebih tipis. Bahkan, bayi yang lahir prematur juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan adptasi dengan lingkungan sekitarnya. Karena jika bayi prematur di paksakan untuk mandi dengan menggunakan air dingin, maka di khawatirkan ia akan mengalami hiptermia yang membahayakan kesehatan si kecil.

Nah, itu dia tadi manfaat bayi mandi air dingin. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memandikan si kecil dengan menggunakan air dingin, dengan catatan sesuai dengan ketentuan yang telah di sebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517