Segudang Manfaat Ginseng yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat ginseng. Apakah Anda tahu, kalau ternyata ginseng ini juga sering di sebut dengan ramuan ajaib. Hal ini dikarenakan ginseng memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan yang memang begitu banyak kegunaannya. Bahkan, akar dari tanaman ini juga dipercaya mampu mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

Lantas jika seperti itu, apa saja manfaat ginseng untuk kesehatan? Berikut ini ada beberapa daftar manfaat yang dimiliki oleh ginseng untuk menjaga kesehatan Anda dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mengurangi stres mental

Ginseng di percaya mampu meningkatkan kewaspadaan mental, selain itu ginseng ini juga mampu merubah mood serta menghilangkan rasa lelah. Manfaat lainnya yang dimiliki oleh ginseng ini yaitu kerap kali di gunakan sebagai ramuan anti depresi juga anti kecemasan. Bahkan ketika seseorang tengah mengalami stress yang berlebihan, maka hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan mengalir ke luar serta bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam kondisi ini, ginseng juga mampu membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin Anda.

2. Merangsang sistem kekebalan dan saraf

Ginseng juga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sifat adeptogenik yang dimiliki ginseng ternyata mampu membantu untuk merangsang otak agar tetap dalam keadaan muda. Sedangkan untuk orangtua, ginseng ini juga mampu memulihkan sejumlah sel yang sudah rusak yang ada di dalam tbuh. Bahkan, ginseng ini juga mampu melawan flu serta penyakit infeksi lainnya.

3. Mengobati diabetes

Dengan mengkonsumsi ginseng, tingkar gula darah juga bisa menurun secara drastis. Namun juga Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng ini secara bersamaan. Pasalnya, mencampurkan ginseng dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah Anda menjadi sangat rendah.

4. Mencegah perkembangan kanker

Pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh juga bisa di hambat oleh ginseng. Chinese Medicine Journal melaporkan, bahwa ginsenosides juga memiliki efek anti tumor serta mampu menginduksi kerusakan sel kanker yang terdapat pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan juga sel-sel neuroblastoma. Bukan hanya itu, ternyata ginseng juga memiliki fungsi yang baik dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga bisa memperlambat pertumbuhannya sel kanker.

5. Menurunkan kadar Kolesterol

Dalam beberapa penelitian juga menyebutkan, bahwa ginseng juga di percaya mampu menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Bahkan para ilmuwan juga percaya, bahwa ginsenocides yang terkandung di dalam ginseng mampu bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

6. Mengurangi Kelelahan

Kandungan adaptogenik yang terdapat dalam ginseng juga di percaya mampu memberikan perubahan fsikologis yang ada di dalam tubuh untuk beradaptasi dengan perasaan lelah yang diakibatkan terlalu banyaknya pekerjaan.

Related Posts

Share This